Ternyata Ada! Perkenalkan, Kota Teraman Seantero Dunia

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 November 2021 14:45
** ARCHIV ** Eine Autofaehre von

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, Safe City Index (SCI) Economist Intelligence United melaporkan peringkat 60 kota teraman dari tujuan internasional para wisatawan, yang dilihat dari aspek keamanan digital, keamanan kesehatan, infrastruktur, keamanan pribadi, serta lingkungan yang menjadi tolak ukur penilaian.

Pada urutan pertama, ada ibukota Denmark, Kopenhagen yang resmi dinobatkan sebagai kota teraman di dunia. Dengan mencetak 82,4 poin dari 100 dalam laporan tahunan.

"Salah satu faktor kunci yang membuat Kopenhagen menjadi kota yang aman adalah tingkat kejahatannya yang rendah, saat ini berada pada tingkat terendah dalam lebih dari satu dekade," kata Larss Weiss, lord mayor of Copenhagen.


Lalu tempat kedua, ada Toronto, Kanada dengan catatan poin sebesar 82,2 poin, sementara itu Singapura di urutan ketiga dengan poin 80,7 poin.

Posisi ibukota Indonesia, DKI Jakarta, dalam laporan berhasil menempati urutan ke-46 dalam daftar kota teraman di dunia tahun 2021. Peringkat ini berada di bawah Bangkok, Quito dan Ho Chi Minh City.

"Kami tentu bersyukur bahwa Jakarta masuk dalam salah satu kota teraman di dunia nah kami ingin dorong lebih jauh lagi," kata Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

Selain itu, Anies Baswedan mengatakan, salah satu satu upaya pihaknya memastikan keamanan warga Jakarta adalah memanfaatkan aplikasi-aplikasi teknologi untuk memberikan perlindungan.

Dua tahun lalu, kata Anies, pihaknya sudah meluncurkan aplikasi perlindungan untuk perempuan sehingga kaum wanita yang mengalami masalah bisa langsung melaporkan melalui aplikasi tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading