Balap BTS, Lagu Adele Pecahkan Rekor di Spotify Gobal!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 October 2021 11:45
Adele (Tangkapan Layar Instagram @adele)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lagu 'Easy On Me' milik Adele menjadi lagu yang paling banyak diputar secara global di Spotify dalam satu hari. Hal ini dirilis di platform streaming itu pada hari Jumat 15 Oktober lalu.

Siapa sangka, ini memecahkan rekor Spotify BTS untuk pemutaran hari pertama dalam prosesnya.

Menambah rekor itu, single ini juga menjadi trek Spotify yang paling banyak diputar dalam seminggu, mengumpulkan 84,95 juta aliran grafik dalam tujuh hari pertama di platform ini, seperti dikutip dari Music Business Worldwide, Selasa (16/10/2021).


Penghitungan pemecahan rekor ini belum diumumkan secara resmi oleh Spotify, tetapi berdasarkan aliran yang memenuhi syarat grafik yang disaring, yang diposting secara publik melalui SpotifyCharts.com, 'Easy on Me' dialirkan lebih banyak daripada pemegang rekor sebelumnya.

Spotify menerbitkan dua hitungan streaming harian untuk trek populer di layanannya, termasuk streaming tanpa filter, yang tidak dipublikasikan secara publik (kecuali kadang-kadang oleh label rekaman), dan aliran yang difilter, yang tersedia di SpotifyCharts.com.

Rekor sebelumnya untuk streaming terbanyak dalam satu minggu di Spotify dipegang oleh Olivia Rodrigo untuk single 'Good 4 U'-nya, yang diputar 84,13 juta kali selama tujuh hari antara 21 Mei hingga 27 Mei.

Di tempat lain, video resmi untuk 'Easy On Me' juga telah melampaui 100 juta penayangan di YouTube dan lagu tersebut saat ini menduduki No.1 di US Hot 100.

Sementara itu, di Inggris, single baru Adele mencapai No.1 di Official Singles Chart Inggris untuk pekan yang berakhir 22 Oktober, dan memecahkan beberapa rekor lagi di pasaran.

Menurut angka-angka dari Perusahaan Tangga Lagu Resmi Inggris, single ketiga artis No.1 Inggris memperoleh 217.300 penjualan tangga lagu di minggu pertama, angka minggu pertama tertinggi sejak Ed Sheeran's Shape Of You, yang menghasilkan 226.800 pada Januari 2017.

'Easy On Me' juga mengumpulkan 24 juta streaming di Inggris, melampaui rekor Ariana Grande 16,9 juta yang ditetapkan pada Januari 2019 dengan lagu '7Rings', dan mendapatkan minggu terbesar penjualan unduhan digital Inggris pada tahun 2021 sejauh ini dengan 23.500.

'Easy On Me' adalah rilisan baru pertama Adele setelah enam tahun vakum. Ini juga merupakan lagu utama dari album mendatangnya, yang akan dirilis pada 19 November.

Album ketiga Adele, dan album sebelumnya, 25, terjual 7,4 juta kopi di AS saja hanya dalam enam minggu.

Di Inggris, ia mendapatkan Platinum dalam 24 jam pembukaannya, meskipun tidak ditambahkan ke layanan streaming seperti Spotify dan Apple Music hingga tujuh bulan kemudian.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading