Wajib Tahu, Ini Sederet Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 October 2021 09:30
Saffron Crocus. (Dok: Istimewa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus atau dikenal saffron ternyata telah digunakan sejak zaman dahulu. Saffron dianggap memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

Saffron sering disebut sebagai rempah paling mahal di dunia. Itu karena dalam produksinya petani harus memanen benang halus dari setiap bunga dengan tangan mereka.

Para peneliti menilai bahwa bunga saffron mengandung banyak senyawa aktif dan beberapa kandungan, seperti protein, lemak, serat, energi, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, dan vitamin C.


Kandungan tersebut membuat saffron memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adah manfaat saffron bagi kesehatan manusia, yang dirangkum CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

1. Cegah risiko diabetes

Diabetes bisa dicegah dengan saffron. Itu karena saffron memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas dari hormon insulin yang ada di dalam tubuh. Hal ini sangat berguna untuk mencegah risiko penyakit diabetes dan juga mengobati penyakit tersebut.


2. Atasi stres

Saffron juga bisa mengurangi stres dan depresi. Biasanya saffron dikonsumsi dalam bentuk suplemen untuk pengobatan stres dan depresi ringan sampai sedang. Karena berasal dari bahan alami, sehingga efek sampingnya pun cenderung sedikit.


3. Cegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang bisa menimpa siapa saja.

Siapa sangka, saffron memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker karena memiliki sifat antioksidan, sehingga bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, manfaat safron lainnya yakni bisa membuat sel kanker menjadi sensitif pada perawatan kemoterapi.


4. Mengatasi nyeri haid

Untuk mengatasi gangguan nyeri haid, ada beberapa rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal salah satunya saffron. Selain bisa mengurangi nyeri pada haid, manfaat saffron lainnya yakni bisa menjaga perubahan emosional pada perempuan yang sedang mengalami sindrom pramenstruasi (PMS).


5. Meningkatkan libido

Manfaat bunga saffron untuk meningkatkan libido ternyata bukan isapan jempol belaka.

Dalam suatu penelitian, konsumsi 30 miligram saffron per hari selama 4 minggu ditemukan mampu memperbaiki gejala disfungsi ereksi pada pria yang mengalami efek samping obat anti-depresan.

Pada wanita, efeknya dapat mengurangi nyeri saat berhubungan seksual, serta meningkatnya libido dan lubrikasi.


6. Menurunkan kadar gula darah

Pada penelitian menggunakan tikus dengan diabetes, ekstrak saffron disebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Rempah ini pun ditemukan bisa membuat sensitivitas insulin meningkat.


7. Untuk meningkatkan penglihatan

Saffron juga memiliki manfaat untuk meningkatkan penglihatan pada orang dewasa. Dengan mengonsumsi saffron, maka pengurangan daya penglihatan bisa diminimalisir karena saffron memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan penglihatan berkurang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Patut Waspada, Ini Ciri-Ciri Diabetes Usia Muda


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading