Tembus Harga Miliaran, Ini 7 Tanaman Hias Termahal di Dunia

Lifestyle - Syarifah Rahma, CNBC Indonesia
23 October 2021 14:10
Shenzhen Nongke ORchid. (Dok: WALLSDESK)

Jakarta, CNBC Indonesia,- Tanaman telah menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat. Bahkan, tak sedikit para penggemar tanaman yang rela merogoh kocek dalam untuk sebuah tanaman yang dianggap menarik hati.

Mulai dari tanaman jenis Monstera, bonsai hingga tanaman-tanaman lainnya. Lantas, tanaman apa saja yang kerap dibanderol dengan harga fantastis?


1. Old Pine Bonsai Tree

Di kalangan pecinta tanaman, bonsai kerap menjadi primadona. Ketenarannya pun bahkan tidak luput oleh waktu. Bonsai dipatok dengan harga yang bervariasi, tergantung keunikan bentuknya.

Harga bonsai mulai dibanderol dari ratusan ribu rupiah sementara harga termahal tanaman bonsai bisa mencapai 100 juta yen atau setara dengan 13,1 miliar rupiah untuk jenis pinus putih yang terjual di sebuah pameran bonsai Asia Pasifik di Takamatsu, Jepang. Untuk jenis ini, harga termurah biasanya dibanderol dengan harga 700 ribu rupiah.

2. Bonsai Pinus

Selain jenis pinus putih, bonsai yang juga dikenal fancy ialah bonsai pinus. Mengutip Bonsai Tonight, harga bonsai pinus berkisar mulai dari 50 hingga 1,3 juta dolar AS atau sekitar 700 ribu hingga 18,5 miliar rupiah. Harganya yang fantastis ini disebabkan oleh usianya yang sudah berabad-abad.

Berbeda dengan jenis bonsai lainnya, bonsai pinus menjadi salah satu tanaman yang tidak cocok untuk pemula, karena ada teknik-teknik perawatan khusus yang harus dimengerti oleh sang kolektor. Bonsai satu ini memang terkenal paling sulit dipahami, ditata dan dipangkas karena faktor-faktor seperti iklim.

3. Monstera Variegata

Bagi kamu yang rutin scrolling media sosial, pasti sudah tidak asing lagi dengan bentuk tanaman hias hits ini. Tanaman yang juga dikenal sebagai janda bolong atau keju Swiss di luar negeri ini bisa laku hingga 5000 dolar AS loh! Yap, tidak hanya di Indonesia demam tanaman ini memang telah menjalar ke seluruh dunia.

Dibanding jenis lainnya, tanaman ini memang memiliki tingkat perkembangbiakan yang lebih lambat. Apalagi, terkadang daunnya pun memiliki motif-motif unik dan tidak biasa. Itulah mengapa tanaman ini terbilang langka dan pantas dibanderol dengan harga mahal.

4. Hoya Compacta

Dikenal dengan nama "Hindu Rope", tanaman Hoya Carnosa Compacta sempat menjadi tanaman dengan harga termahal yang dijual di sebuah situs pelelangan di Selandia Baru, Trade Me, pada 2020 lalu. Kala itu, tanaman ini laku dengan harga 6500 dolar AS! Keunikannya terletak di warna krem dan kuning yang ada di daunnya.

5. Philodendron Minima

Ini juga menjadi salah satu tanaman populer di era media sosial saat ini. Tanaman ini dikenal juga sebagai mini monster atau piccolo. Seorang kolektor global bahkan berhasil memburu tanaman ini dengan kocek hingga 8.150 dolar AS! Yap, keunikannya berhasil menarik hati kolektor tersebut.

6. Anggrek Shenzhen Nongke

Berbeda dengan anggrek biasanya, tanaman ini 'diracik' oleh seorang ilmuwan yang mendedikasikan ilmunya untuk membudidayakan tanaman anggrek. Hal ini sukses membuat anggrek ini menjadi yang termahal di dunia, bahkan dibanderol hingga 200 ribu dolar AS atau sekitar 2,8 miliar rupiah!

7. Ketapang Biola

Bentuk daunnya yang simpel dan elegan membuat tanaman ini memiliki spot khusus diantara para desainer interior dan fotografer. Pelan dan pasti, hal ini membuat popularitas tanaman ini terkerek naik dan harganya pun semakin melambung tinggi. Tanaman ini bisa laku hingga 300 dolar AS atau sekitar 4,2 juta rupiah.

Di hutan hujan tropis, tanaman ini bisa tumbuh hingga 50 kaki. Namun, jika ini merawatnya di rumah, kamu bisa memasukkannya ke pot sehingga ukurannya bisa disesuaikan dengan keinginan. Tanaman ini cukup sensitif terhadap kualitas udara, dan tak menyukai udara yang kering dan dingin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Tanaman Hias yang Bawa Cuan dan Keberuntungan!


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading