Jangan Iri, Ini 10 Perusahaan dengan Karyawan Paling Bahagia

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 October 2021 14:15
INFOGRAFIS, Survei Kenaikan Gaji Tahun 2021, Karyawan RI Naik Gaji Paling Tinggi di Dunia

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini situs karier Comparably melakukan survei kepada karyawan dan melakukan pemeringkatan tahunan. Mereka mempertimbangkan 70.000 perusahaan AS dan mengidentifikasi di mana pekerja paling bahagia dengan perusahaan tersebut.

Survei ini didasarkan pada pertanyaan tentang pengalaman karyawan terhadap kompensasi, keseimbangan kehidupan kerja, tunjangan, dan budaya kerja perusahaan.

Adobe sendiri dinobatkan sebagai perusahaan No. 1 dengan karyawan paling bahagia pada tahun 2021, menurut laporan baru tersebut.


Pemeringkatan didasarkan pada peringkat karyawan anonim pada topik yang berkontribusi pada kebahagiaan keseluruhan di tempat kerja, yang diajukan ke Comparably selama periode 12 bulan dari September 2020 hingga September 2021.

Beberapa pertanyaan yang diajukan untuk analisis pemeringkatan ini seperti apakah lingkungan kerja Anda positif atau negatif, apa Anda yakin Anda dibayar dengan adil? Apakah Anda puas dengan benefit yang diberikan perusahaan? Apakah Anda merasa lelah di tempat kerja? dan sebagainya.

Peringkat No. 1 adalah Adobe yang berhasil melengserkan Zoom selama dua tahun dalam memiliki karyawan paling bahagia pada tahun 2019 dan 2020, dan perusahaan konferensi video turun ke posisi kesembilan tahun ini.

Tetapi CEO Comparably Jason Nazar mengatakan kepada CNBC Make It bahwa skor yang berbeda di antara 10 perusahaan teratas dapat diabaikan dan berdasarkan pada puluhan ribu titik data - dia menyamakannya dengan skor 99 pada tes dari 100.

Apa yang menonjol tentang ulasan Adobe, kata Nazar, adalah umpan balik positif dari berbagai departemen, termasuk produk, pemasaran, desain, penjualan, dan karyawan teknik yang menilai perusahaan sangat tinggi berdasarkan faktor yang menunjukkan budaya yang menguntungkan dan lingkungan yang mendukung.

Gloria Chen, Chief People Officer Adobe, mengatakan perusahaan mengukur sentimen karyawan selama pandemi melalui survei, pertemuan semua pihak perusahaan, dan grup fokus untuk lebih memahami tantangan bekerja melalui pandemi Covid-19, dan mengusulkan solusi untuk memenuhi kebutuhan yang berubah.

Perusahaan juga menghadirkan hari libur bulanan di seluruh perusahaan, yakni 20 hari libur baru yang tetap dibayar/ diberikan gaji setiap tahun untuk karyawan yang terkena dampak langsung oleh peristiwa penting seperti pandemi atau bencana alam, adanya jadwal kerja yang fleksibel untuk mengakomodasi tanggung jawab, dan peningkatan penggantian biaya kesehatan menjadi US$ 600 per tahun.

Perusahaan juga memprioritaskan membangun komunitas dan tetap terhubung saat terpisah.

"Kami beruntung memiliki karyawan asli yang berinvestasi dalam budaya dan komunitas kami, dan banyak dari inisiatif terbaik kami adalah inisiatif yang didorong oleh karyawan itu sendiri," kata Chen.

Lantas, selain Adobe, perusahaan mana sajakah itu? Berikut 10 perusahaan besar teratas dengan karyawan paling bahagia tahun ini, mengutip CNBC International, Senin (11/10/2021):

1. Adobe

CEO: Shantanu Narayen
Kantor Pusat: San Jose, California


2. RingCentral

CEO: Vladimir Shmunis
Kantor Pusat: Belmont, California


3. Hubspot

CEO: Brian Halligan
Markas Besar: Cambridge, Massachusetts


4. Peloton

CEO: John Foley
Markas Besar: New York


5. Microsoft

CEO: Satya Nadella
Markas Besar: Redmond, Washington


6. Farmers Insurance

CEO: Jeff Dailey
Kantor Pusat: Woodland Hills, California


7. IBM

CEO: Arvind Krishna
Markas Besar: Armonk, New York


8. Medallia

CEO: Leslie Stretch
Markas Besar: San Francisco


9. Zoom Video Communications

CEO: Eric Yuan
Kantor Pusat: San Jose, California


10. Experian North America

CEO: Craig Boundy
Kantor Pusat: Costa Mesa, California.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading