Mobil Sejuta Umat Reborn? Avanza-Xenia Baru Bakal Tampil Beda

Lifestyle - Novina Puteri Bestari, CNBC Indonesia
09 October 2021 07:20
All New Avanza (Ist Instagram/ @Bagasatriakbar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beredar kabar varian kembar mobil sejuta umat, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, mulai dirilis di Indonesia akhir tahun ini antara November atau Desember. Mobil legendaris produksi anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) digadang-gadang akan tampil dengan perubahan yang mencolok dari seri terakhir yang banyak digunakan keluarga Indonesia saat ini. 

Kabar ini,berdasarkan dokumen yang diperoleh dari lampiran pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021 tentang perubahan NJKB.

Setelah diprediksi bakal mengubah bentuk sistem penggerak belakang menjadi sistem penggerak depan, pihak diler juga mengungkapkan bakal ada perubahan besar dari segi body atau eksterior.


"Memang betul di akhir tahun ini akan ada perubahan major change, total. Jadi sudah berubah total dengan yang ada sekarang, termasuk body," kata salah satu wiraniaga diler Toyota yang tidak ingin disebutkan namanya kepada CNBC Indonesia, Jumat (8/10/2021).

Dari data itu terungkap generasi terbaru Avanza dikabarkan punya transmisi otomatis CVT dengan pilihan mesin DOHC 1.300 cc dan 1.500 cc. Kemudian berdasarkan kode dan tipe, model baru Avanza juga diyakini memiliki paket fitur keselamatan dari Toyota Safety Sense (TSS).

TSS sebelumnya sudah dipakai di Raize, terdiri dari enam kantong udara, Pedal Misoperation Control, dan TSS BSM (blind spot monitor) RCTA (Rear Traffic Control Alert).

Sementara Xenia dalam data yang sama kelihatannya bakal punya varian dengan fitur ASA (Advanced Safety Assist). Teknologi ini sudah tersedia di Rocky, yang di antaranya terdiri dari Pre Collision Brake dan Lane Departure Warning.

Kode NJKB tidak menunjukkan ubahan lain pada si kembar, tetapi dari kabar yang beredar dua mobil tersebut menggunakan platform global, yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Sistem penggerak roda Avanza, Veloz, dan Xenia juga disebut berubah ke depan FWD (front-wheel drive) dari sebelumnya RWD (rear-wheel drive). Namun ada kabar pabrikan juga masih menyediakan Avanza-Xenia format RWD.

Generasi terbaru Avanza dan Xenia akan dijual lebih mahal ketimbang model yang dijual sekarang berdasarkan NJKB yang tertera pada kode baru pada mobil Toyota dan Daihatsu.

NJKB kode Avanza tertulis Rp157 juta-Rp227 juta, ini naik dari model sekarang beredar Rp151 juta - Rp188 juta. Sedangkan Xenia punya nilai NJKB Rp144 juta-Rp170 juta, dan NJKB di kode baru Rp135 juta-Rp172 juta.

Kenaikan NJKB pada model baru memicu dugaan bahwa generasi baru Avanza akan lebih mahal dari sebelumnya.

Perlu dipahami NJKB bukan harga yang ditawarkan ke konsumen. NJKB merupakan patokan harga untuk pengenaan berbagai macam pajak seperti BBN, PPn, hingga PPnBM.

Sejauh ini kedua perusahaan belum mau berkomentar lebih soal model terbaru Avanza Xenia. Namun tenaga penjual pada dealer Toyota Daihatsu telah membuka pemesanan bakal model terbaru dengan syarat memberi tanda jadi Rp5juta dan mengisyaratkan peluncuran bulan depan.

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, Toyota tidak terlalu banyak melakukan perubahan pada Avanza. Mobil sejuta umat ini hanya mendapat perubahan minor yang tidak terlalu signifikan. Karenanya, saat ini menjadi waktu yang tepat mengingat pasar low-multi purpose vehicle (L-MPV) makin keras persaingannya

Karenanya, wiraniaga itu menyampaikan bayangan mobil ini sudah ada pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) beberapa tahun lalu.

"Infonya mirip dengan yang di GIIAS 2017, kan ada mobil konsep yang warna putih DN Multisix, katanya mirip-mirip seperti itu," jelasnya.

Mobil konsep ini mengusung beberapa keunggulan, yakni mampu menampung enam penumpang, desain kursi walk-through dan interior yang luas. Pada bagian eksterior, mobil ini memiliki tiga keunggulan utama, yakni desain modern front face yang terdiri dari integrated front grille dengan aggressive head lamp design, sporty bumper design dengan ornamen hitam, dan desain DRL yang unik serta futuristik. Sepintas, mobil ini terlihat lebih macho seperti saudaranya, Rush.

Keunggulan lain adalah desain tough & sporty side body yang terdiri dari flying roof design & tough body line, bigger alloy wheel dengan desain twisting sporty, high ground clearance, dan suicide door type.

Mobil konsep ini juga dilengkapi dengan futuristic rear design yang terdiri dari modern rear lamp dengan horizontal chrome list, modern rear spoiler dengan desain duck tail, dan modern rear bumper dengan ornamen hitam. Di sisi interior, mobil konsep ini didominasi oleh nuansa putih yang dipadukan dengan desain yang futuristik.

Keunggulan dari sisi interior adalah advance dashboard atau instrument panel yang terdiri dari dashboard berteknologi terkini yang dilengkapi dengan layar besar, transmisi berteknologi tinggi dan lebih mudah digunakan, serta desain setir yang futuristik. Meski demikian, hingga kini konsep DN Multisix belum juga diproduksi massal


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading