Cek! 10 Pekerjaan Paling Dicari AS dalam 1 Dekade Mendatang

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 October 2021 20:03
Solar panel products are display during the China Import and Export Fair, also known as Canton Fair, in the southern city of Guangzhou, China April 16, 2018. REUTERS/Tyrone Siu

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat memiliki industri yang kuat dalam sektor ekonomi, keuangan dan perbankan serta media. Hal ini juga memicu terbukanya kesempatan bekerja.

Menurut laporan terbaru dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS, ada berbagai pekerjaan yang tidak memerlukan gelar sarjana di beberapa industri yang diperkirakan akan diminati selama 10 tahun ke depan.

Berikut adalah 10 pekerjaan yang paling dicari di AS hingga 1 dekade mendatang, seperti dikutip dari CNBC Make It, Jumat (08/10/2021):


1. Teknisi servis turbin/ pembangkit listrik tenaga angin

2. Pemasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)/ fotovoltaik surya

3. Asisten terapi okupasi

4. Asisten terapis fisik

5. Penyedia jasa pelayanan kesehatan dan perawatan pribadi di rumah

6. Terapis pijat

7. Programmers/ Pemrogram alat yang dikendalikan secara numerik komputer

8. Pembantu terapis fisik

9. Inspektur kebakaran hutan dan spesialis pencegahan kebakaran hutan

10. Guru pengayaan diri.


"Sulit untuk memberikan penjelasan bersama mengapa mereka semua populer ... ada alasan khusus mengapa masing-masing diminati, dan akan terus berlanjut selama sepuluh tahun ke depan," kata Kepala Divisi Biro Statistik Tenaga Kerja AS Michael Wolf, seperti dikutip dari CNBC Make It, Jumat (08/10/2021).

Namun, ada tiga tren yang mendorong munculnya hampir semua pekerjaan tersebut, yakni meningkatnya permintaan akan energi terbarukan, populasi yang menua, dan minat baru dalam perawatan diri selama pandemi virus corona.

Teknisi layanan turbin angin dan pemasang fotovoltaik surya diproyeksikan menjadi beberapa pekerjaan yang tumbuh paling cepat dalam dekade ini berkat urgensi perubahan iklim dan permintaan yang dihasilkan untuk energi ramah lingkungan.

Asisten terapi okupasi, asisten terapi fisik, asisten perawatan pribadi dan asisten terapis fisik akan menjadi peran penting karena lebih banyak "baby boomer" pensiun dan bergantung pada layanan ini.

Dalam analisis baru-baru ini, University of Southern California mencatat bahwa biaya perawatan kesehatan untuk kelompok ini diperkirakan akan tinggi, karena generasi ini hidup lebih lama, namun mengalami tingkat obesitas, diabetes, kolesterol tinggi, dan hipertensi yang lebih tinggi.

Lebih lanjut, Wolf menjelaskan bahwa asisten terapis fisik dan asisten terapis fisik memiliki peran yang terpisah dan berbeda yakni asisten secara aktif terlibat dalam memberikan perawatan kepada pasien, sementara asisten tidak terlibat dalam memberikan perawatan, melainkan berfokus pada tugas-tugas administratif seperti menyiapkan peralatan dan menyelesaikan dokumen kantor.

Setelah berurusan dengan kelelahan akibat pandemi dan isolasi selama 18 bulan terakhir, orang-orang berinvestasi lebih banyak dalam layanan pribadi seperti pijat dan kursus pengayaan diri, yang menyebabkan meningkatnya permintaan akan terapis pijat dan guru.

"Orang-orang menyadari bahwa fokus dan mempertahankan perawatan diri mereka penting tidak hanya untuk kondisi mental mereka tetapi juga kesejahteraan mereka secara keseluruhan," kata pakar karir Monster Vicki Salemi.

Jika Anda tertarik untuk mengejar salah satu karir ini, Salemi merekomendasikan untuk membaca deskripsi pekerjaan untuk mengidentifikasi keterampilan yang dicari perekrut dan membaca publikasi perdagangan atau blog untuk informasi terkini tentang industri ini.

Selain itu, memiliki pengalaman kerja terkait juga bermanfaat, baik melalui kursus sertifikasi online, program studi kerja melalui community college setempat, atau menjadi sukarelawan di organisasi nirlaba.

"Bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja, Anda bisa sekolah sendiri. Anda tidak hanya akan mempelajari keterampilan yang berharga, tetapi Anda dapat bertemu kontak dan referensi untuk pekerjaan berikutnya," kata Salemi.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading