Brompton Elektrik di RI Nyaris Rp100 Juta, di Inggris Segini

Lifestyle - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
05 October 2021 13:55
Brompton Electric Tipe M6L H6L

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga sepeda Brompton melonjak pada awal pandemi karena pedagang yang 'menggoreng' harganya. Di negara asalnya, Inggris,harga sepeda lipat Brompton tak semahal di Indonesia, bahkan sekalipun untuk sepeda termahalnya, yakni jenis sepeda elektrik.

Di Inggris, Brompton termahal adalah E-Bike H6L Bolt Blue Lacquer - 6 speed dan E-Bike M6L Bolt Blue Lacquer - 6 speed dengan banderol £3,215.00 (Rp 64,3 juta). Sementara di Indonesia harga masing-masingnya mencapai Rp 90 juta hingga Rp 100 juta.

Kemudian disusul E-Bike M6L Black - 6 speed, E-Bike H6L Turkish Green - 6 speed, E-Bike M6L Turkish Green - 6 speed dan E-Bike M6L Bolt Blue Lacquer - 6 speed. Di Inggris, keempat sepeda tersebut dijual dengan harga £3,020.00 (Rp 60 juta). Sementara di Indonesia harganya variatif, yakni berada di kisaran Rp 85 juta.



Kemudian golongan termurah dari sepeda elektrik adalah E-Bike H2L Turkish Green - 2 speed dan E-Bike M2L Black - 2 speed, keduanya memiliki gears lebih rendah dibanding lainnya yakni hanya 2 speed. Harga aslinya di Inggris sebesar £2,875.00 (Rp 57,5 juta) sementara di Indonesia berkisar di angka Rp 60 juta-Rp 70 juta.

Saat masuk Indonesia, sepeda impor seperti Brompton memang pastinya lebih mahal karena ada komponen biaya seperti ongkos kirim, asuransi, pajak, hingga bea masuk impor. Bila dihitung perkiraan semua biaya sekitar tak sampai 40% dari harga. Artinya harga sampai di Indonesia setelah pajak dan bea masuk tak sampai Rp 30 juta.

Misalnya saat mengimpor Brompton sebagai barang bawaan, pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 11 Nomor 2018 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman, barang impor di atas US$ 75 kena bea masuk sebesar 7,5%. Barang impor ini juga dikenakan PPN Impor sebesar 10% dan PPh Impor sebesar 10%. Bagi yang tak ada NPWP, kena PPh Impor sebesar 20%.

Namun, yang perlu menjadi perhatian sebelum membelinya adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Brompton 6 speed membuat sepeda lebih fleksibel untuk performa akselerasi dan kecepatan pada berbagai kondisi jalan. Sementara 2 speed, lebih cocok dipakai pada area yang tidak terlalu berkontur atau relatif datar.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading