Rajai Box Office, Debut Film Dune Raup Rp 513 Miliar

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 September 2021 14:35
Dune (Tangkapan Laar via imdb)

Jakarta, CNBC Indonesia - Film Dune meraih box office internasional dalam debutnya. Film besutan Legendary/Warner Bros telah dirilis di berbagai negara dengan pendapatan US$ 36,8 juta (Rp 513 miliar) di 24 negara dan 7.819 layar.

Ini merupakan sebuah pencapaian awal yang sangat menjanjikan, mengingat keadaan bioskop yang saat ini masih tertatih di tengah pandemi.

Film ini disutradarai oleh Denis Villeneuve dan dibintangi oleh Timothee Chalamet, Zendaya dan Oscar Isaac.


Dune kini menempati peringkat No. 1 di sebagian besar pasar internasional dan memiliki jumlah penonton terkuat seperti Rusia dengan US$ 7,6 juta dari 2.100 layar, diikuti oleh Prancis (US$ 7,5 juta dari 892 layar), Jerman (US$ 4,9 juta dari 900 layar) dan Italia (US$ 2,6 juta dari 740 layar).

Mengutip Variety, Senin (20/09/2021), film ini memang diambil untuk tampilan format besar, yakni dengan versi IMAX yang menampilkan rasio aspek yang diperluas secara eksklusif. IMAX menyumbang US$ 3,6 juta dari penjualan tiket pada akhir pekan lalu, mewakili sekitar 10% dari total pendapatan box office film.

Secara internasional, banyak negara masih memberlakukan pembatasan kapasitas penonton di bioskop. Beberapa wilayah, termasuk Prancis, Italia, dan Jerman, juga telah mewajibkan penonton memiliki sertifikat vaksin untuk bisa masuk ke bioskop.

Pada saat yang sama, Korea, Jepang, Australia, dan sebagian besar Asia Tenggara memberlakukan kembali tindakan penguncian yang lebih ketat, yang berarti sebagian besar bioskop terpaksa ditutup dan mereka yang diberi izin untuk tetap buka telah mengurangi jam operasi.

Sebagai tanda positif untuk prospek layar lebarnya, Dune akhirnya bisa rilis di China pada saat beberapa film Hollywood belum dapat diputar di pasar film terbesar di dunia ini. Dune akan debut di China melalui Legendary pada tanggal 22 Oktober 2021.

Film yang dianggarkan senilai US$ 165 juta dari Warner Bros ini akan memulai debutnya di AS pada 22 Oktober. Seperti semua judul Warner Bros 2022, Dune akan tayang di HBO Max dan di bioskop.

Meski demikian, Dune bukan satu-satunya film Hollywood yang memikat penonton internasional. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings dari Disney memiliki pertunjukan kuat lainnya di bioskop, yang menarik US$ 20,3 juta dari 43 wilayah luar negeri selama akhir pekan.

Petualangan superhero Marvel, yang dibintangi Simu Liu dan Awkwafina, telah menghasilkan US$ 143 juta secara internasional dan US$ 176 juta di dalam negeri, sehingga totalnya di seluruh dunia menjadi US$ 320 juta.

Setelah tiga minggu dirilis, Shang-Chi sudah berdiri sebagai film terlaris keempat tahun ini.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading