NFT Freddie Mercury Segera Dilelang, Mau Beli?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 September 2021 12:55
6 fakta di Balik Kesuksesan Film Bohemian Rhapsody

Jakarta, CNBC Indonesia - Empat Non-Fungible Token (NFT) yang terinspirasi oleh Freddie Mercury akan dilelang. Ini dilakukan untuk memperingati ulang tahun sang diva yang ke-75.

Mercury merupakan vokalis dari grup band Queen yang lahir pada tanggal 5 September 1946. Dia meninggal karena pneumonia terkait AIDS pada tahun 1991.


Mengutip Reuters, tiga karya akan menampilkan sosok Mercury. Sementara satu berupa grand piano berwarna putih dengan mahkota di atas bangkunya dan dikelilingi kolam ikan dengan ikan-ikan mas berenang di dalamnya.

Pihak penyelenggara mengatakan, NFT tersebut merupakan karya dari Blake Kathryn, Chad Knight, Mat Maitland, dan MBSJQ. Karya-karya tersebut pun akan dijual dalam lelang berjangka waktu di pasar seni digital SuperRare selama 75 jam mulai dari 20 September mendatang.

Nantinya, hasil dari penjualan karya seni tersebut akan disumbangkan ke The Mercury Phoenix Trust. Ini adalah sebuah badan amal AIDS yang didirikan oleh anggota Queen Brian May dan Roger Taylor serta manajer Queen Jim Beach.

NFT sendiri adalah sertifikat digital yang menyatakan pihak yang memiliki foto, video atau bentuk virtual lainnya. Aset kripto dengan NFT akan tercatat dalam blokchain, semacam 'buku besar digital' yang mirip jaringan (network) yang mendukung mata uang kripto lain, seperti Ethereum atau Bitcoin.

NFT yang sudah dienkripsi di blockchain tak bisa direplikasi atau diduplikasi. Salah satu NFT yang dijual dengan harga fenomenal adalah cuitan CEO Twitter Jack Dorsey yang menembus US$ 2,5 juta.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading