Ini Srikandi RI yang Masuk TIME 100, Disebut Melinda Gates

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 September 2021 15:37
Adi Utarini (tangkapan layar instagram @adiutarinimusik)

Jakarta, CNBC Indonesia- Majalah TIME telah merilis daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia Rabu, (15/9/2021).Beberapa nama masuk dalam daftar, seperti Pangeran Harry dan Meghan, penyanyi Billie Eilish dan Brtiney Spears serta atlet senam Olimpiade Simone Biles.

Tidak hanya publik figur, ada juga sejumlah tokoh politik. Seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Wakil Presiden AS Kamala Harris, dan mantan Presiden AS Donald Trump.


Di antara semua nama, muncul satu nama dari Indonesia. Ia adalah seorang perempuan bernama Adi Utarini.

Adi Utarini bahkan mendapat review dari Melinda French Gates, mantan istri Bill Gates, pendiri Bill and Melinda gates Foundation serta Pivotal Ventures. Utarini yang bekerja sama dengan peneliti World Mosquito Program dianggap berjasa dalam menekan perkembangan demam berdarah di Yogyakarta.

"Penyakit yang ditularkan nyamuk mempengaruhi hampir 400 juta orang setiap tahun dan telah digambarkan oleh WHO sebagai salah satu dari 10 ancaman terbesar bagi kesehatan dunia," tulis Melinda.

"Utarini bekerja sama dengan tim peneliti internasional ... untuk mengekang ancaman ini dengan menginokulasi nyamuk dengan Wolbachia, bakteri yang tidak berbahaya bagi manusia tetapi mencegah nyamuk menularkan demam berdarah melalui gigitannya," tambahnya.

"Sebuah studi terobosan yang dia bantu pimpin adalah yang pertama membuktikan teknik ini berhasil menurunkan tingkat penyakit di lingkungan masyarakat."


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading