Bak Istana! Rumah Termahal Rp 7,1 T Ini Dijual, Mau Beli?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 September 2021 15:02
Pemandangan udara dari mansion senilai $500 Juta dolar yang dijuluki

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah rumah mewah seharga US$ 500 juta (Rp 7,1 triliun) akan segera dilelang. Itu lantaran pemiliknya gagal membayar lebih dari US $ 165 juta (Rp 2,3 triliun) dalam pinjaman dan utang, menurut pengajuan pengadilan setempat.

Properti seluas 105.000 kaki persegi itu dikenal sebagai "The One" dan akan ditempatkan ke kurator oleh Pengadilan Tinggi Los Angeles (LA) Amerika Serikat (AS). The One sebenarnya sudah mulai dipasarkan tahun lalun namun belum ada peminatnya.


Mengutip CNBC International, rumah ini berdiri di lingkungan Bel-Air. Bangunan dirancang oleh mantan produser film yang mulai mengembangkan hunian terbesar, Nile Niami.

Rumah itu membentang seperti istana di puncak bukit yang menghadap ke LA.Rumah ini memiliki sembilan kamar tidur, beberapa dapur, klub, empat jalur bowling, salon, gim, teater 50 kursi, trek lari dan garasi bawah tanah untuk 50 mobil, dengan dua turntable otomatis.

The One rumah paling mahal di Amerika yang memiliki 21 kamar tidur. AP/Foto: The One rumah paling mahal di Amerika yang memiliki 21 kamar tidur. AP/
The One rumah paling mahal di Amerika yang memiliki 21 kamar tidur. AP/

Ketujuh fitur airnya termasuk beberapa kolam, jacuzzi, dan saluran air yang mengelilingi rumah.Kamar tidur utama seluas 4.000 kaki persegi di mana setiap pintu di rumah dilengkapi teknologi tinggi, bersama dengan semua toilet.

"Ada banyak orang di luar sana dengan banyak uang mereka menginginkan sesuatu yang tidak dimiliki orang lain," kata Niami dalam wawancara di 2017.

Sebenarnya The One adalah salah satu dari lusinan rumah mewah yang dibangun di Bel Air dan Beverly Hills setelah 2014. Pembangunan dimulai ketika tokoh mode AS Bruce Makowsky menjual rumah mewah di Beverly Hills seharga US$ 70 juta dan memulai real estat baru di California.

Ada banyak rumah mewah di LA, termasuk beberapa yang dibangun oleh Niami. Namun saat ini semuanya terjual jauh lebih murah dari harga yang diminta.

Sementara itu, rumah paling mahal yang pernah dijual di LA adalah rumah bekas Warner Estate di Beverly Hills. Rumah itu tahun lalu dijual kepada Jeff Bezos seharga US$ 165 juta.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading