Internasional

Nah Lo! Tularkan Covid ke Orang Lain, Pria Ini Dibui 5 Tahun

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
07 September 2021 11:15
People in full protective gear walk through Noi Bai airport in Hanoi, Vietnam, Friday, Feb. 12, 2020. A fresh COVID-19 outbreak in Vietnam has slowed down business and travel during the popular lunar new year festival. (AP Photo/Hau Dinh)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vietnam memenjarakan seorang pria, Senin (6/9/201) selama lima tahun. Ini karena pria tersebut melanggar aturan karantina Covid-19 dan menyebarkan virus ke orang lain.

Pria tersebut bernama Le Van Tri (28). "Ia menyebarkan penyakit menular berbahaya," kata persidangan di wilayah Ca Mau, sebagaimana dilaporkan Reuters mengutip kantor berita Vietnam VNA.


Kasus bermula saat Tri melakukan perjalanan kembali ke Ca Mau dari Ho Chi Minh City. Ia yang seharusnya melakukan karantina 21 hari melanggar aturan itu.

"Tri menginfeksi delapan orang. Satu di antaranya meninggal karena virus setelah satu bulan perawatan," tulis pemberitaan itu.

Ca Mau adalah provinsi paling selatan Vietnam. Sejak pandemi mewabah ada 191 kasus yang dilaporkan di sana dengan dua kematian.

Vietnam sendiri kini tengah berjuang melawan Covid-19 yang memburuk dan menginfeksi 536.000 orang dengan 13.385 kematian. Sebagian besar kasus terjadi dalam beberapa bulan terakhir dengan Ho Chi Minh City sebagai hotspot.

Tri bukan orang pertama yang dihukum. Sebelumnya ada dua pelaku serupa yang dipenjara 18 bulan hingga dua tahun karena tuduhan yang sama.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading