5 Kebiasaan yang Dilakukan Orang Ber-IQ Tinggi, Kamu Juga?

Lifestyle - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
29 August 2021 18:30
Freedom Library (Wanti Puspa Gustiningsih)

Perpustakaan Freedom berdiri sejak pertengahan tahun 2002. Berlokasi di Wisma Bakrie, Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav, B-1, RT.11/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Menteng, South Jakarta City

Perpustakaan Freedom buka Senin-Jumat pukul 09.00-16.30 WIB. Untuk Sabtu, Minggu, dan libur nasional perpustakaan tutup.

Jika ingin berkunjung, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk atau ‘free’. Petugas hanya meminta untuk mengisi buku tamu. 

Perpustakaan Freedom memiliki sekitar 13 ribu koleksi buku mulai dari Filsafat, Agama, Sastra, Sejarah, Biografi, Ekonomi, dan Artikel.

Sayangnya, tidak ada peminjaman buku di sana. Pengunjung hanya dapat membaca di tempat atau meng-copy buku dengan biaya Rp 200 per lembar.

Persyaratan menjadi member, hanya mengisi formulir dan memberikan kartu identitas tanpa dikenakan biaya apapun. Jika kartu anggota hilang, akan dikenakan denda Rp 5 ribu sebagai biaya pembuatan kartu baru.

Adapun fasilitas yang diberikan, di antaranya wifi gratis, sambungan listrik, Air Conditioner, foto copy, ruang meeting kapasitas 10 orang. Ruang meeting disediakan gratis bagi member perpustakaan, dan untuk perusahaan akan dikenakan biaya Rp 100 ribu per jam. (CNBC Indonesia/Wanti Puspa Gustiningsih)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak yang tidak sadar orang dengan IQ tinggi memiliki kebiasaan yang jarang dilakukan oleh orang-orang pada umumnya. Sebagian orang bahkan akan menilai kebiasaan tersebut aneh karena berbeda dari orang kebanyakan. Namun, ternyata kebiasaan itu bisa membuat pola pikir lebih tajam

Berikut beberapa kebiasaan unik tersebut:

1. Lebih senang 'Me Time'
Dua peneliti, yaitu Norman P. Li (Singapore Management University) dan Satoshi Kanazawa (The London School of Economics and Political Science) mengungkapkan kerumunan membuat orang dengan IQ tinggi tidak nyaman.


Dalam penelitian yang berjudul 'Country roads, take me home... to my friends: How intelligence, population density, and friendship affect modern happiness' tersebut, mereka lebih senang untuk 'me time' atau menghabiskan waktu sendiri.

2. Mengakui kesalahan
Banyak manusia yang cenderung merasa benar sendiri meskipun sebenarnya ada di posisi yang salah. Berbeda dengan orang yang memiliki IQ tinggi, mereka memiliki otak yang mampu memahami sudut pandang orang lain dan tidak takut untuk mengakuinya.

3. Suka bicara sendiri
Orang cerdas kerap berbicara sendiri, baik di dalam hati maupun tulisan. Kebiasaan ini tanpa disadari bisa meningkatkan daya ingat dan memperkuat ketajaman kerja otak. Jadi, bukan berarti orang yang suka bicara sendiri itu gila ya, bisa jadi mereka justru jenius lho.

4. Suka hal menantang
Orang dengan IQ tinggi memiliki rasa tidak cepat puas dengan pencapaian. Karenanya, ketika banyak orang merasa cukup dengan apa yang dicapai, golongan IQ tinggi coba menantang diri dengan mencoba hal yang lebih ekstrem.

5. Sering begadang
Orang yang masuk ke dalam golongan ini cenderung memiliki jam tidur yang lebih sedikit. Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu istirahat dengan hal produktif.

Cara ini memang membuat sebagian tidak nyaman karena mengorbankan waktu tidur, namun orang ber-IQ tinggi lebih memilih cara ini dibandingkan dikerjakan pagi hari.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading