Mengintip Keindahan Pulau Pitcairn yang Bebas Covid-19

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
10 August 2021 18:25
FILE - This June 13. 2003 file photo shows a small loading dock in Bounty Bay on Pitcairn Island. Pitcairn Island, a tiny speck in the Pacific thats home to just 48 people, has passed a law allowing same-sex marriage -  but has no gay couples wanting to wed. Pitcairn Deputy Governor Kevin Lynch said Monday, June 22, 2015 the new law came into effect May 15. First settled in 1790, Pitcairn is a British Overseas Territory that has some legal autonomy and is often considered the worlds smallest country by population. Islanders are descended from the mutineers of the British navy vessel Bounty and their Tahitian companions. (AP Photo/File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Meski kini dunia masih mengalami pandemi Covid-19, di mana hampir semua negara dan daerah terdapat kasus Covid-19, namun nyatanya masih ada daerah yang terbebas dari infeksi virus Corona dan bahkan belum pernah ada kasus Covid-19 sama sekali.

Dikutip dari laman ABC News, Selasa (10/08/2021), ada salah satu pulau terpencil di dunia yakni Pulau Pitcairn yang belum melaporkan adanya kasus virus Corona.

Hal ini dibagikan oleh pria bernama Mark Tomlinson yang tinggal di pulau itu.


"Anda bisa duduk di sini dan bahkan tidak memikirkan Covid-19. Anda bisa menyadari betapa beruntungnya berada di sini tanpa mengalami kesulitan seperti orang lain," katanya.

Pulau itu terletak jauh di Pasifik Selatan, hampir 6.000 kilo meter (km) jauhnya dari benua mana pun, wilayah luar negeri Inggris adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia yang tetap bebas Covid-19.

Mark mengatakan bahwa dengan kemampuan menggantungkan diri pada kekayaan yang dimiliki pulau ini, 47 penduduk Pitcairn selama pandemi mengatakan hidup mereka normal dalam banyak hal.⠀

Mark sendiri meninggalkan Washington ketika virus mulai menyerang, tiba di pulau itu delapan bulan lalu untuk mengisi posisi administrator pemerintah Inggris.

Dia adalah salah satu dari sedikit ekspatriat yang tinggal di pulau vulkanik kecil yang dikenal memiliki salah satu ekosistem laut paling utuh di planet Bumi ini.

Tidak ada penguncian wilayah (lockdown) atau masker, bahkan pasokan vaksin yang cukup untuk seluruh populasi, dia mengatakan semua kekhawatiran yang dihadapi seluruh dunia hilang begitu saja.

"Tetapi ketika Anda berbicara dengan seseorang di rumah atau Anda melihat angka-angka di Inggris, Anda diingatkan tentang apa yang dialami orang lain," katanya.

Walikota Pitcairn Charlene Warren mengatakan bahwa kehidupan di Pitcairn benar-benar berbeda.

"Kehidupan di sini benar-benar berbeda dibandingkan dengan tempat lain. Kami cukup beruntung berada jauh di sini di mana pada dasarnya kami bisa menutup perbatasan kami," kata Charlene Warren.

Lahir dan besar di Pitcairn, Warren mengatakan isolasi adalah sesuatu yang membuatnya nyaman. Namun demikian, dia mengatakan, bagian tersulit dari pandemi adalah kehilangan energi dan kehidupan yang dibawa turis ke pulau itu.

"Biasanya, kami ramai dengan turis yang datang dan pergi, kapal pesiar yang mampir untuk kunjungan singkat, dan kapal pesiar yang datang. Sangat menyenangkan bisa berinteraksi dengan orang baru dan berbagi sedikit surga kita dengan mereka," kata Warren.

A longboat is seen being launch in rough seas in this June 13, 2003  photo at Bounty Bay, Pitcairn Island. The spotlight will soon shine on the existance of its 47 remaining inhabitants when seven islander men stand trial on a string of sex abuse charges.  (AP Photo)Foto: Pulau Pitcairn (AP Photo)
A longboat is seen being launch in rough seas in this June 13, 2003 photo at Bounty Bay, Pitcairn Island. The spotlight will soon shine on the existance of its 47 remaining inhabitants when seven islander men stand trial on a string of sex abuse charges. (AP Photo)


Perjalanan Vaksin yang Hebat

Pitcairn menutup perbatasannya di awal pandemi untuk melindungi populasi lansia di mana penduduk tertua berusia 93 tahun dan hanya menjaga kapal pasokan yang beroperasi antara daerah itu dan Selandia Baru.

Aturan perjalanan juga telah dibuat dengan Selandia Baru, untuk penduduk yang ingin melakukan perjalanan laut selama dua minggu untuk mengunjungi orang yang dicintai, atau untuk mencari perawatan medis yang tidak tersedia di pulau itu.

Namun, hanya sedikit orang yang merasa perlu untuk menjelajah di luar pantai pulau yang masih asli dan lanskap pegunungan yang rimbun itu.

"Banyak orang tetap tinggal di Pitcairn untuk waktu yang cukup lama tanpa meninggalkan pulau. Jadi, mereka adalah populasi yang cukup tangguh. Mereka tidak benar-benar suka bepergian seperti orang-orang di negara lain untuk bepergian," papar Tomlinson.

Sementara itu, Warren mengatakan bebas Covid-19 di pulau ini karena program vaksinnya yang sukses.

Inggris telah menjamin vaksin untuk semua Wilayah Seberang Laut Inggris dan pada Mei 2021, setelah ekspedisi lebih dari 15.000 km, pasokan vaksin AstraZeneca yang cukup untuk memvaksinasi seluruh penduduk tiba di pulau itu.

Meskipun 86% populasi orang dewasa divaksinasi, pulau ini melangkah dengan hati-hati. Pembatasan daerah di perbatasan mungkin tetap berlaku sampai setidaknya tahun depan.

Adamstown is seen in this June 7, 2003  photo of Pitcairn Island, where for 214 years descendants of the Bounty mutineers have survived isolation, deprivation and drought. The spotlight will soon shine on the existance of its 47 remaining inhabitants when seven islander men stand trial on a string of sex abuse charges.  (AP Photo)Foto: Pulau Pitcairn (AP Photo)
Adamstown is seen in this June 7, 2003 photo of Pitcairn Island, where for 214 years descendants of the Bounty mutineers have survived isolation, deprivation and drought. The spotlight will soon shine on the existance of its 47 remaining inhabitants when seven islander men stand trial on a string of sex abuse charges. (AP Photo)

[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bisakah Orang Positif Covid-19 Berpuasa? Ini Kata MUI


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading