Polisi China Tangkap Eks Member EXO Kris Wu

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
02 August 2021 08:35
Kris Wu. (Tangkapan Layar Instagram @kriswu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyanyi asal China, Kris Wu resmi ditangkap oleh kepolisian Beijing atas dugaan pemerkosaan. Pria bernama asli Wu Yifan itu dituduh atas tuduhan pemerkosaan seorang siswi Du Meizhu (19), yang dilakukannya saat perempuan itu masih berusia 17 tahun.

Biro Keamanan Publik Beijing cabang Chaoyang mengumumkan pada 31 Juli bahwa seorang pria berwarganegara Kanada berusia 30 tahun dengan nama keluarga Wu ditahan atas dugaan pemerkosaan. Hingga saat ini, penyelidikan masih terus berlangsung.


Media pemerintah People's Daily kemudian mengonfirmasi bahwa orang yang disebutkan namanya adalah Kris. Berita itu segera menduduki peringkat teratas pada pencarian Weibo.

Mengutip 8days, banyak warganet yang memuji kepolisian Beijing karena mengambil tindakan cepat terhadap Kris di mana popularitas dan kebangsaannya dinilai sebagai 'jimat' yang akan melindunginya alias kebal hukum. Penangkapan itu mengejutkan juga karena tokoh masyarakat di China disebut-sebut jarang diselidiki atas dugaan penyerangan seksual.

Kisah ini bermula dari influencer Du Meizhu yang menuduh Kris telah memperkosa gadis di bawah umur. Hal ini sontak membuat 24 wanita lainnya buka suara dan mengajukan tuduhan mereka sendiri terhadap Kris.

Siapa sangka, setelah itu karir Wu terhenti dalam semalam. Merek mewah seperti Louis Vuitton dan Bulgari memutuskan semua hubungan kerjasama dengannya dan dikatakan menuntut kompensasi dalam jumlah besar.

"Kami hanya mendapatkan kekuatan untuk menaklukkan surga setelah menderita siksaan neraka.Upaya kami tidak sia-sia, dan semua ketidakadilan yang kami derita akan menjadi motivasi kami," ujar saudara perempuan Du Meizhu, dalam sebuah postingan Weibo.

Sebelumnya, Kris Wu sendiri mulai dikenal publik setelah debutnya bersama EXO pada 2012 silam. Ia kemudian memilih hengkang dan bersolo karier pada 2014.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading