Tips Jaga Kesehatan Mental Meski di Rumah Saja

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 July 2021 12:21
Sad woman hug her knee,nobody

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi virus corona masih belum usai. Hal ini tentu memaksa kita untuk tetap berada di rumah dan mengurangi sosialisasi dengan dunia luar.

Pada beberapa kasus, rasa kesepian, kecemasan, mudah marah hingga depresi sangat mungkin melanda karena kelamaan di rumah saja. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar Anda tetap sehat secara mental.


Lantas apa sajakah itu? Berikut paparannya yang dirangkum CNBC Indonesia:

1. Batasi Penggunaan Media Sosial dan Berita

Mengikuti perkembangan terbaru tentu penting, tetapi terus membaca berita buruk setiap hari sangat tidak efektif dalam menenangkan pikiran negatif. Baik berita yang dapat dipercaya maupun sedikit rumor dapat berdampak negatif pada kesehatan mental.

Batasi membaca berita tentang pandemi selama berjam-jam.Serta batasi penggunaan teknologi, mengingat terkadang kita perlu keluar dari dunia maya dan mencari aktivitas lain yang membuat kita merasa senang dan nyaman.

2. Sibukkan Diri dengan Berbagai Kegiatan

Di tengah penerapan PPKM, akan ada lebih banyak waktu untuk mencoba hobi baru atau melakukan hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.Misal, membaca buku, melukis, menulis, tonton serial TV yang sejauh ini belum sempat Anda tonton, atau coba pelajari bahasa baru.

Hal-hal produktif yang dapat Anda lakukan dari rumah hampir tidak terbatas.Kegiatan seperti ini biasanya efektif mengalihkan perhatian Anda dari pikiran negatif yang sedang bermunculan ke hal yang lebih positif.Lebih baik lagi, jika Anda bisa melakukan aktivitas tersebut bersama orang lain di rumah Anda.

3.Menjaga koneksi

Terkurung di rumah tanpa pergi mungkin membuat stres bagi sebagian orang. Koneksi adalah kuncinya, dan ini bisa menjadi tantangan ketika Anda tidak meninggalkan rumah untuk waktu yang lama.

Bicaralah dengan mereka, rencanakan kegiatan menyenangkan untuk dilakukan bersama.Jika Anda merasa memiliki kecemasan yang berlebihan dan tidak dapat ditangani sendiri, bagikan masalah Anda dengan seseorang yang Anda percayai.

Mereka mungkin memiliki solusi yang Anda inginkan atau bersedia mendengarkan Anda.Setelah berbagi masalah dengan orang lain, Anda akan sering merasa lebih lega.Jika Anda sendirian di rumah, hubungi teman atau kerabat melalui obrolan, email, telepon, atau panggilan video.

4. Jaga Kesehatan Tubuh Anda

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kesehatan fisik dan kesehatan mental berkaitan erat.Jika kesehatan mental Anda menurun, sistem kekebalan tubuh Anda akan mengikuti, dan sebaliknya.

Bahkan jika Anda berada di rumah 24 jam sehari, tetaplah pada jadwal tidur Anda.Tidur minimal 7 jam sehari sangat penting. Selain itu, pola makan juga perlu dijaga.

Hindari konsumsi kafein dan merokok, yang dapat memperburuk kecemasan atau stres.Berolahraga secara teratur juga bisa menjadi pengalih perhatian positif dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading