Windy Raih Medali Pertama Olimpiade, Jokowi Ucapkan Selamat!

Lifestyle - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
24 July 2021 20:45
Windy Cantika Aisah menyumbang medali perunggu untuk kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (AP/Luca Bruno)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo memberikan selamat kepada atlet angkat besi putri Windy Cantika Aisah. Atlet debutan ini telah mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020.

"Dari tanah air , saya ucapkan selamat," tulis Presiden dalam akun Instagram @jokowi, dikutip, Sabtu (24/7).

Begitu juga Menteri BUMN Erick Thohir berbangga dengan prestasi Windy yang bisa mengharumkan nama bangsa di Olimpiade Tokyo. Indonesia melalui lifter putri, Windy Cantika Aisah di kelas 49 kg meraih medali perunggu pertama di olimpiade kali ini.


"Tradisi medali Olimpiade di cabang angkat besi tak pernah putus sejak Olimpiade Sydney 2000. Hal itu tercapai melalui pembinaan dan regenerasi yang terjaga. Mari kita doakan tradisi ini tetap bertahan di Olimpiade Tokyo karena Indonesia memiliki kualitas lifter-lifter yang mendunia," ujarnya, dalam keterangan resmi, Sabtu (24/7).

Erick menambahkan bahwa dirinya memahami persiapan atlet Indonesia menuju Olimpiade Tokyo lebih berat, termasuk bertanding di tengah situasi pandemi. Namun, mantan Ketua KOI, 2015-2019 itu berharap para atlet nasional tetap fokus, jaga kesehatan, dan mampu menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang punya prestasi tinggi di pentas olahraga dunia.

Untuk diketahui, Sebanyak 28 atlet tersebut akan berlaga di delapan cabang olahraga yaitu bulu tangkis, atletik, panahan, menembak, dayung, selancar, angkat besi, dan renang. Peluang untuk meraih medali, termasuk medali emas terdapat di cabang bulutangkis dan angkat besi. Cabang angkat besi akan memulai pertandingan pada Sabtu (23/7) di di Tokyo International Forum, Jepang.

Windy Cantika Aisah menyumbang medali perunggu untuk kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (AP/Luca Bruno)Foto: Windy Cantika Aisah menyumbang medali perunggu untuk kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (AP/Luca Bruno)
Windy Cantika Aisah menyumbang medali perunggu untuk kontingen Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. (AP/Luca Bruno)

[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading