Anosmia? Ini Cara Kembalikan Indera Penciuman dengan Herbal

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 July 2021 08:00
Ilustrasi teh putih. (Dok: @1mhealthtips)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kehilangan indera penciuman atau anosmia adalah gejala yang sering dirasakan pasien Covid-19. Ini merupakan hal yang sangat mengganggu.

Lantas bagaimana mengatasi atau mengembalikan indra penciuman agar kembali normal? Berikut adalah beberapa cara alami dikutip Healtshots.


1. Minyak jarak

Salah satu mengembalikan indra penciuman adalah dengan menggunakan minyak jarak hangat. Menurut ahli ayuverda, dr. Ankita Gupta, cara ini bisa dilakukan dengan meneteskan minyak di lubang hidung.

"Taruh satu tetes minyak jarak hangat di setiap lubang hidung.Hal ini diperlukan untuk melakukannya dua kali sehari untuk hasil terbaik. Praktik ini bermanfaat dalam menghilangkan peradangan," katanya.

2. Bawang putih

Tambahkan dua hingga tiga potong bawang putih cincang ke dalam secangkir air. Rebus bahan dalam panci. Setelah campuran mendingin, saring sepenuhnya dan minum. Sifat anti-inflamasi dari senyawa bawang putih dapat membantu mengobati hidung tersumbat.

3. Lemon

Tambahkan lemon dan madu ke dalam segelas air. Anda bisa langsung meminum campuran ini. Minuman ini memiliki aroma jeruk yang kuat. Khasiat kedua bahan ini dapat membantu mengembalikan indra penciuman.

4. Jahe

Selain itu, jahe juga mampu meningkatkan kembali indra penciuman. Ambil sepotong jahe kupas dan kunyah perlahan. Mulailah mengunyah potongan jahe secara berkala.

Jika Anda tidak bisa mengunyah potongan jahe secara langsung, konsumsilah teh jahe. Lakukan ini setiap hari.

"Aroma jahe kuat dan dapat meningkatkan indra penciuman dan rasa Anda," saran dr Gupta.

5. Peppermint

Siapkanlah sepuluh lembar daun peppermint dan tambahkan ke secangkir air. Rebus bahan dalam panci. Saring larutan setelah dingin dan tambahkan madu ke dalamnya dan minumlah segera.

Kandungan utama daun peppermint adalah mentol. Ini adalah anti-inflamasi dan antimikroba di alam yang dapat mengubah indera penciuman dan rasa.

6. Minum air putih yang cukup

Minum banyak air juga membantu dalam membersihkan batuk yang tidak diinginkan. Air membuat tubuh terhidrasi. Ini dapat membantu menghindari masalah bau dan rasa.

"Dengan bantuan uap panas, hidung tersumbat dan hidung tersumbat akan sembuh.Itu akan membuat hidung Anda terbuka untuk bernapas," saran dr Gupta.

Anda dapat memilih salah satu dari pengobatan rumahan ini untuk mengatasi anosmia, tetapi pastikan Anda mempraktikkannya setiap hari. Waktu terbaik untuk mempraktikkan pengobatan rumahan ini adalah di pagi hari.

Secara alami, mendapatkan kembali indera penciuman dan perasa sangat penting. Meskipun tidak ada solusi yang terbukti untuk melakukannya setelah pulih dari Coronavirus, Anda selalu dapat mengandalkan perubahan pola makan dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda pulih lebih cepat.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading