Rekor, Kaset Nintendo Super Mario Terjual Rp 22 M

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 July 2021 14:35
Nintendo world (nintendolife.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kaset atau cartridge video game klasik Nintendo Super Mario 64 memecahkan rekor dunia. Mengutip Channel New Asia (CNA), kaset itu berhasil terjual dalam lelang seharga US$1,56 juta (Rp 22 miliar), pada Senin (12/7/2021).

Ini merupakan penjualan kali pertama dari cartridge game yang melampaui US$1 juta. Bahkan ini terjadi hanya dua hari setelah salinan The Legend of Zelda yang disegel atau dibuat untuk konsol Nintendo NES lama yang terjual US$870.000 saat itu.


Kendati demikian, perusahaan lelang Heritage Auctions yang menangani kedua penjualan tersebut, belum mengidentifikasi para pembelinya. Sebelumnya, rekor lelang video game dipegang oleh penjualan cartridge Super Mario Bros 1986 pada bulan April lalu seharga US$660.000.

Video game retro menjadi semakin populer di kalangan kolektor yang bernostalgia dalam beberapa tahun terakhir. Ini tentunya menaikkan harga konsol dan cartridge jadul untuk di lelang.

Tidak hanya untuk video game, tahun lalu rekor harga juga terlihat melambung untuk kartu Pokemon. Harga juga rekor untuk koleksi digital yang dikenal sebagai non-fungible tokens (NFT).


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading