Guys, Kayaknya Kita Bakal Suntik Vaksin Covid Tiap Tahun

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
10 June 2021 13:45
Vaksinasi pekerja ritel. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepertinya penduduk dunia akan mendapat suntikan vaksin corona (Covid-19) setiap tahun. Setidaknya ini diungkap CEO Johnson & Johnson (&J), Alex Gorsky.

Ia menegaskan masyarakat mungkin perlu mendapatkan dosis tambahan vaksin Covid-19 setiap tahun, di samping suntikan flu tahunan. Ini bisa terjadi dalam rentang waktu hingga beberapa tahun mendatang.

"Kita bisa melihat penandaan ini bersama dengan suntikan flu, kemungkinan selama beberapa tahun ke depan," katanya, merujuk pada vaksin Covid-19, dalam konferensi Tech Health The Wall Street Journal pada Rabu (9/6/2021).


Gorsky mengatakan masyarakat perlu mendapatkan suntikan penguat Covid-19 sampai kekebalan kelompok (herd immunity) tercapai di tingkat global. Di mana, para pemimpin dunia serta ilmuwan dapat membatasi penyebaran varian virus yang menular.

Komentarnya muncul sehari setelah pejabat kesehatan Amerika Serikat (AS) mendesak warga untuk mendapatkan vaksinasi segera demi membendung varian Delta Covid-19. Ini merupakan nama baru dari varian India B.1.617, agar tidak berkembang biak di seluruh negeri.

Vaksin J&J sendiri hanya membutuhkan satu suntikan. Ini berbeda dari vaksin Covid dari Pfizer dan Moderna, yang saat ini membutuhkan dua dosis dengan selang waktu tiga hingga empat minggu.

Meski berbeda, ketiga vaksin telah terbukti sangat efektif melawan Covid-19 di AS. Meskipun para eksekutif kini mengatakan mereka berharap perlindungan yang kuat itu akan berkurang seiring waktu.

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC International, CEO BioNTech Ugur Sahin sempat mengatakan bahwa para peneliti melihat penurunan respons antibodi terhadap virus setelah delapan bulan. Akibatnya, sebagian besar pembuat obat danĀ  ilmuwan mengatakan orang kemungkinan akan membutuhkan suntikan vaksin Covid-19 tambahan setiap tahun.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading