Piye Iki? Peringkat Kampus RI Anjlok Jauh di Bawah Malaysia

Lifestyle - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
06 June 2021 11:00
Universitas Indonesia (Detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga pemeringkat kampus dunia, Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar-daftar kampus terbaik di Asia tahun 2021. Dari peringkat itu ditemukan bahwa kampus-kampus Indonesia berada jauh di bawah kampus di Malaysia.

Dalam situs resmi Times Higher Education, University of Malaya berhasil menduduki peringkat ke-49 di Asia. Perguruan tinggi yang terletak di Kuala Lumpur ini menjadi kampus nomor satu di Negeri Jiran.

Selanjutnya, posisi kampus terbaik Asia di Malaysia diisi oleh Universiti Teknologi Petronas atau UTP (111), Universiti Tunku Abdul Rahman (119), Universiti Putra Malaysia atau UPM (136), Universiti Kebangsaan Malaysia atau UKM (150), Universiti Teknologi Malaysia (150), Universiti Utara Malaysia (155), dan Universiti Sains Malaysia (163).


Hal yang jauh berbeda terlihat di kampus-kampus Indonesia. Dari peringkat 200 besar, hanya Universitas Indonesia (UI) yang masuk di daftar 200 besar dengan peringkat 194. Peringkat ini merosot dibandingkan tahun 2020 di mana UI bertengger di posisi 162.

Setelah UI, ada Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berada di peringkat di antara 301-350, lalu Institut Sepuluh November Surabaya (ITS) yang mengisi posisi 372, juga turun dari posisi 312 tahun lalu. Kemudian ada Institut Pertanian Bogor (IPB) dari 381 turun ke 395. Sementara itu Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun lalu ada di peringkat 339 melorot ke posisi 385.

Selain Malaysia, negara tetangga yang mengisi jajaran kampus terbaik selanjutnya adalah Singapura. Bahkan, National University of Singapore atau NUS mengisi peringkat tiga terbaik se Asia diikuti Nanyang Technological University di posisi kelima.

Secara keseluruhan, universitas terbaik di Asia tahun ini adalah Tsinghua University di China. Universitas yang berlokasi di Beijing ini diketahui juga memiliki sebuah perusahaan bernama Tsinghua Holdings yang merupakan tempat mereka mentransfer teknologi hasil pengembangan di kampus.

Peringkat kedua juga ditempati kampus China, yaitu Peking University. Peking University menduduki peringkat ke-23 sebagai kampus terbaik di dunia pada 2021 dan kampus dengan reputasi terbaik dengan peringkat ke-16 pada 2020.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading