Kisah Sukses Pasangan Milenial, Pensiun Dini di Usia 30 Tahun

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
31 May 2021 10:36
Steve dan Courtney (CNBC Make It)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah orang mungkin merasa sulit untuk menabung. Namun ini tidak bagi Steve Adcock yang membangun dirinya untuk sukses secara finansial dan melakukan pensiun dini.

Adcocok selalu bangun jam 6 pagi. Ia memulai paginya dengan berolahraga di gym rumahnya sebelum duduk di mejanya untuk memeriksa email dan melihat-lihat media sosial.


Adcock tidak selalu memiliki kehidupan yang santai. Dia menghabiskan 14 tahun bekerja di bidang teknologi informasi, dengan gaji yang cukup besar.

Namun menurutnya pekerjaan tersebut cenderung menghabiskan hidupnya. Setelah lebih dari satu dekade bekerja, dia menyadari sudah waktunya untuk beralih.

"Di awal usia 30-an, saya menyadari bahwa saya tidak bisa menghabiskan sisa hidup saya dengan duduk di depan komputer, bekerja 10 hingga 12 jam sehari, menulis kode komputer atau memperbaiki masalah.Aku tidak bisa melakukan itu," kata dia seperti dilansir CNBC International.

Dia pun menikahi wanita bernama Courtney (36) dan berniat untuk menjalani pensiun dini. Meskipun Courtney kurang yakin tentang pensiun daripada Steve, ia akhirnya berhasil melakukannya.

Pasangan suami istri tersebut membuat rencana untuk memotong pengeluaran mereka. Keduanya menabung 70% dari pendapatan gabungan mereka sehingga mereka dapat berhenti dari pekerjaan mereka.

Setelahnya mereka kerap melakukan perjalanan ke luar negeri. Pasangan ini, kini hidup hanya dari pertumbuhan akun investasi mereka.

Steve dan Courtney pensiun pada tahun 2016 dan 2017. Masing-masing, memiliki kekayaan bersih gabungan US$ 870.000 (Rp 12,4 miliar).

Dalam setengah dekade berikutnya, kekayaan mereka sekarang sekitar $ 1,2 juta (Rp 17,1 miliar). Hingga kini, keduanya tidak berencana untuk kembali bekerja dengan orang lain dalam waktu dekat.

Lantas bagaimana Adcocks bisa menjalani pensiun di usia 30-an?

Halaman 2>>

Bagaimana Mereka Melakukannya?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading