Internasional

Fakta-fakta Varian Baru 'Blasteran' India-Inggris di Vietnam

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
31 May 2021 07:40
Infografis, Seperti Ini Bahayanya Jika Kamu Terpapar Mutasi VIrus Corona B.1.167

Jakarta, CNBC Indonesia- Varian baru corona (Covid-19) muncul lagi. Pemerintah Vietnam mengaku mendeteksi varian kombinasi varian India (B. 1.617) dan Inggris (B.117).

"Vietnam telah menemukan varian Covid-19 baru yang menggabungkan karakteristik dari dua varian yang pertama kali ditemukan di India dan Inggris," kata Menteri Kesehatan Nguyen Thanh Long, seperti dikutip Reuters, Minggu (30/5/2021).

Lalu bagaimana fakta-fakta soal varian ini:


1.Menyebar di Udara

Varian ini disebut lebih mudah menular disbanding varian lain yang sudah lebih dulu diidentifikasi. Pemerintah Vietnam menyebut ia bisa menyebar dengan cepat melalui udara

"Konsentrasi virus dalam lendir tenggorokan meningkat sangat pesat dan menyebat sangat kuat ke lingkungan sekitar," kata Long.

Saat ini Vietnam sendiri telah melaporkan ada tujuh varian virus ditemukan di negara itu. Selain varian Inggris dan India ada pula B122, B1619, D614G,

2.Lebih Ganas?

Dalam pernyataannya, pemerintah Vietnam menyebut virus ini sangat berbahaya. Bahkan Long menyebutnya 'sangat berbahaya'.

Namun belum diketahui apakah varian baru ini bisa menghindari proteksi yang didapat melalui vaksin maupun alami.

3. Tanggapan WHO

Sementara itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku masih mengkaji jenis varian tersebut. Apa yang WHO ketahui saat ini, varian yang terdeteksi di Vietnam adalah varian B.1.6.1.7.2 atau yang lebih dikenal sebagai varian yang berasal dari India, dengan kemungkinan mutasi tambahan.

"Saat ini kami belum melakukan penilaian terhadap varian virus yang dilaporkan di Vietnam," kata Maria Van Kerkhove, Kepala Teknis WHO untuk Covid-19.

"Kantor kami bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan di Vietnam dan kami mengharapkan lebih banyak informasi," jelasnya.

"Namun kami akan memberikan lebih banyak informasi, setelah kami menerimanya."

Virus baru ini disebut dapat menggandakan dirinya dengan sangat cepat. Kemungkinan hal tersebut menjelaskan kenapa begitu banyak kasus baru yang muncul di sejumlah negara dalam waktu singkat.

Mengutip data Worldometers, Vietnam mencatat 251 kasus baru kemarin. Total kasus aktif saat ini 4.110.

Sejak awal corona 2020, ada 7.107 warga telah terinfeksi dengan 47 kematian. Total sembuh sebanyak 2.950 orang.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading