Internasional

Heboh Babak Baru Skandal Tipu-tipu Wawancara Putri Diana-BBC

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
25 May 2021 11:07
Princess Diana arrives at the Royal Geographical Society in London for a speech on the dangers of landmines throughout the world June 12, 1997. REUTERS/Ian Waldie

Jakarta, CNBC Indonesia - Kontroversi wawancara almarhum Putri Diana dengan BBC Panorama di Inggris mencapai babak baru. Hasil penyelidikan independen menyebut "metode tipu daya" sudah dilakukan jurnalis Martin Bashir, guna membujuk Diana melakukan interview.

Investigatornya, Lord Dyson, menyimpulkan ada dokumen yang dipalsukan. Bashir memperlihatkannya kepada adik Diana, Charles Spencer, agar bisa memperoleh akses wawancara.


Lord Dyson juga menyimpulkan bahwa BBC tidak terlalu serius melakukan penyelidikan internal terkait Bashir di 1996, satu tahun setelah wawancara. Bahkan, ia dipromosikan sebagai editor keagamaan.

Pangeran William bereaksi soal hasil investigasi itu. Ia menilai wawancara telah membuat ibunya menderita paranoia dan terisolasi.

"Menurut saya, cara tipu daya wawancara itu secara substansial memengaruhi apa yang dikatakan ibu saya," katanya dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters.

"Wawancara itu memberikan kontribusi besar untuk memperburuk hubungan orang tua saya dan sejak itu telah menyakiti banyak orang."

Bashir mengakui ada dokumen palsu, tapi menolak disalahkan akan kematian Diana. Ia menegaskan tak pernah membahayakan Diana dengan cara apapun.

"Semua yang kami lakukan dalam interview adalah seperti yang ia inginkan, mulai dari ingin memberi tahu pihak kerajaan, sampai kapan penayangan dan kontennya," katanya.

Semua berawal di 1995. Wawancara mendiang Putri Diana dengan BBC tersebut sempat menghebohkan dunia kala itu.

Diana diduga 'dijebak' agar mau melakukan wawancara. Adik sang putri, Charles Spencer menuding Bashir menggunakan dokumen palsu untuk membujuk Diana.

Salah satunya adalah soal klaim teleponnya yang disadap dan pengawal yang berencana melawan Diana. Termasuk pernyataan bank palsu yang menunjukkan dua orang pembantu senior kerajaan dibayar untuk mengawasi sang putri.

Selama wawancara yang ditonton lebih dari 20 juta pemirsa di Inggris, Diana juga mengejutkan masyarakat dengan mengakui perselingkuhan sang suami. Ia bahkan mengungkapkan detail dari pernikahannya yang gagal dengan Pangeran Charles.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading