Internasional

Fakta Bill Gates 'Didepak' dari Microsoft karena Selingkuh

Lifestyle - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
18 May 2021 07:36
Bill Gates. (AP/Elaine Thompson)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar mengejutkan datang dari Bill Gates pascaberita perceraiannya awal Mei ini. Mundurnya miliuner tersebut dari kursi dewan direksi Microsoft di Maret 2020 lalu perlahan terungkap.

Ia disebut memiliki affair dengan karyawannya di Microsoft. Bahkan perselingkuhannya dengan seorang wanita yang merupakan insinyur di perusahaan tersebut telah terjadi bertahun-tahun.


Hal ini dilaporkan Wall Street Journal Minggu (16/5/2021). Dokumen penyelidikan "hubungan romantis" Microsoft Corp dipaparkan media AS tersebut.

"Anggota dewan Microsoft Corp memutuskan bahwa Bill Gates perlu mundur dari dewan pada tahun 2020. Mereka melakukan penyelidikan terhadap hubungan romantis miliarder itu yang sebelumnya terjadi dengan seorang karyawan Microsoft wanita yang dianggap tidak pantas," lapor Journal, mengutip orang-orang yang dekat dengan masalah itu dikutip AFP, Selasa (18/5/2021).

Lalu bagaimana fakta-faktanya? Berikut rangkuman CNBC Indonesia:

Selingkuh Sejak Tahun 2000

Perselingkuhan ternyata sudah terjadi sejak lama. Wanita idaman lain Bill Gates merupakan seorang insinyur di perusahaan teknologi Microsoft.

Microsoft pun membenarkan adanya perselingkuhan. Ini terkuat paruh kedua 2019.

"Bill Gates berusaha untuk memulai hubungan intim dengan seorang karyawan perusahaan pada tahun 2000. Sebuah komite dewan meninjau kekhawatiran tersebut, dibantu oleh hukum luar tegas, untuk melakukan penyelidikan menyeluruh," ujar jubir perusahaan.

Pihak Bill Gates Membenarkan

Alih-alih membantah, juru bicara Bill Gates membenarkan adanya perselingkuhan. Namun ditegaskannya kemunduran Bill Gates bukan karena masalah tersebut.

Ia menyebut Bill Gates ingin fokus ke organisasi filantropinya, Bill and Melinda Gates Foundation. Ia membentuk organisasi amal tersebut dengan sang mantan istri yang dinikahi 27 tahun, Melinda.

"Ini adalah perselingkuhan hampir 20 tahun lalu yang berakhir secara damai," jelasnya diwawancarai Journal.

Bukan Laporan Perselingkuhan Pertama

Ini bukan pertama kali isu selingkuh menghampiri Bill Gates. Dilansir dari Fox Business, Bill Gates diisukan kerap menjalin hubungan dengan mantan pacarnya, yakni pengusaha perangkat lunak serta pemodal ventura Ann Winblad.

Terkait Tersangka Perdagangan Seks

Bukan hanya soal perselingkuhannya, Bill Gates juga dilaporkan Journal diselidiki soal hubungannya dengan Jeffrey Epstein. Ia adalah seorang ahli keuangan dan terdakwa pelaku seks Amerika Serikat (AS).

Ia meninggal bunuh diri di penjara tahun 2019. Ia diduga memperdagangkan anak di bawah umur.

"Tim Gates meyakinkan dewan direksi pendiri Microsoft telah bertemu Epstein untuk alasan filantropis dan menyesal melakukannya," kata laporan Journal lagi.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading