Agar Keuangan Tetap Sehat, Ini Tips Beli Mobil Bekas

Lifestyle - roy, CNBC Indonesia
12 May 2021 14:05
Penjualan Mobil Bekasi di WTC Mangga Dua (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Mobil bekas yang pajaknya terlambat dibayar tentu dijual murah. Namun apakah kita siap untuk membayar pajak sekaligus dendanya nanti? Bagaimana jika ada denda pajak dan juga biaya perbaikan yang muncul? Tentu saja pengeluaran Anda akan menjadi semakin besar.

Perhitungan denda pajak kendaraan bermotor adalah: Denda PKB = Biaya PKB x 25% x n/12

Huruf "n" menunjukkan jumlah bulan keterlambatan. Anda bisa menghitung denda berdasarkan bulan keterlambatan itu.


Tetap lindungi dengan baik mobil bekas yang Anda beli nantinya

Besar kemungkinan mobil bekas yang Anda beli tidak dilindungi oleh asuransi mobil. Oleh karena itulah, sebagai pemilik baru Anda harus memberikan perlindungan untuk mobil tersebut demi menghindari kerugian finansial atas risiko yang muncul.

Pilihlah asuransi mobil jenis comprehensive dan total lost only (TLO) sesuai dengan kebutuhan Anda.

Comprehensive bakal menanggung apapun risiko yang terjadi, termasuk lecet di bagian badan, asal sesuai dengan aturan yang berlaku. Sedangkan TLO hanya menanggung biaya pertanggungan ketika mobil hilang atau mengalami kerusakan hingga rusak total yang nilainya mencapai 75 persen dari harga kendaraan.

"Perluasan manfaat dari Comprehensive juga cukup banyak, mulai dari perlindungan dari bencana banjir, kerusuhan, dan lainnya. Pastikan Anda memilih asuransi yang tepat guna," ujar CTO BRI Insurance, Ade Zulfikar.

Ade juga menambahkan bahwa, BRI Insurance tengah mempersiapkan terobosan baru yaitu fitur ERA (Emergency Road Assistance) yang ditujukan untuk memudahkan para nasabah yang terkena musibah di jalan.

"Dalam fitur ini, nasabah akan mendapat fasilitas bantuan yang bersifat darurat ketika mereka mengalami musibah di jalan. Mulai dari pergantian ban, dan lainnya," imbuhnya.

Itulah hal-hal yang patut Anda ketahui jika Anda ingin membeli mobil bekas. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil, tanyakan lagi pada diri Anda sendiri, apakah memang Anda saat ini sedang membutuhkannya?

Mobil merupakan aset, namun nilai dari mobil terus mengalami depresiasi di masa yang akan datang. Pastikan bahwa keputusan Anda membeli mobil didasarkan karena Anda memang membutuhkannya, bukan hanya sekedar menginginkannya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dob)
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading