Jeff Bezos Buka Wisata Luar Angkasa, Harga Tiketnya Rp 3 M

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
06 May 2021 10:57
FILE - In this Sept. 19, 2019 file photo, Amazon CEO Jeff Bezos speaks during his news conference at the National Press Club in Washington. On Monday, Feb. 4, 2020, Bezos asked a California court to dismiss a defamation lawsuit filed against him by his girlfriend's brother, Michael Sanchez. In Sanchez's lawsuit filed last week, the Hollywood talent manager alleges that Bezos and his security consultant Gavin de Becker falsely told reporters that Sanchez provided nude photos of Bezos to The National Enquirer.  (AP Photo/Pablo Martinez Monsivais, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Blue Origin, perusahaan roket milik miliuner Jeff Bezos, dikabarkan siap membawa manusia berwisata ke luar angkasa.

Dilansir dari Reuters, Kamis (6/5/2021) Bezos mengatakan, pihaknya menargetkan Blue Origin meluncurkan roket dan sistem kapsul New Shepard bersama awak manusia pada 20 Juli mendatang.

Sebagian besar dari para astronotnya kemungkinan besar merupakan personel perusahaan. Sementara itu, satu kursi dilelang secara online lima minggu lalu, dan hasilnya akan disumbangkan ke yayasan perusahaan luar angkasa.


Direktur Penjualan Astronot Blue Origin, Ariane Cornell, masih enggan mengungkapkan rincian harga tiket umum yang akan dikenakan perusahaan untuk perjalanan mendatang.

Reuters melaporkan pada tahun 2018 bahwa Blue Origin berencana membebankan biaya kepada penumpang setidaknya US$ 200.000 (Rp 2,8 miliar) untuk perjalanan tersebut, berdasarkan penilaian rencana saingan dari Virgin Galactic Holdings milik miliarder Richard Branson dan pertimbangan lainnya.

New Shepard akan melakukan penerbangan sub-orbital. Roket ini dirancang untuk membawa penumpang dalam perjalanan lurus naik-turun yang menempuh jarak di atas 100 km (62 mil).

Kapsul ini memiliki enam jendela observasi yang menurut Blue Origin hampir tiga kali lebih tinggi dari yang ada di pesawat Boeing 747 dan yang terbesar yang pernah digunakan di luar angkasa.

Sementara selebriti dan orang super kaya tampaknya menjadi pasar inti untuk tamasya wisata luar angkasa ini. Blue Origin juga akan memasukkan beberapa komponen filantropis ke dalam strategi tiketnya.

Pesaing perusahaan Bezos, Elon Musk, diperkirakan juga akan meluncurkan salah satu dari pesawat SpaceX Dragonship dengan awak yang semuanya berasal dari masyarakat sipil akhir tahun ini. Ini merupakan bagian dari kegiatan amal yang disebut sebagai penerbangan antariksa sipil pertama dalam sejarah.

Sementara itu, Virgin Galactic juga menargetkan untuk menerbangkan pelanggan pribadi pada awal 2022, setelah penerbangan pertama dengan Branson di dalamnya akhir tahun ini.

Virgin mengatakan akan mengenakan biaya lebih dari US$ 250.000 (Rp 3,5 miliar) untuk reservasi baru tetapi belum mengumumkan harga akhir. Penjualan akan dibuka kembali setelah penerbangan Branson.

Hingga saat ini, Cornell menolak mengatakan apakah Bezos sendiri akan melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan New Shepard atau tidak.


[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading