Internasional

Arab Saudi Rilis Foto Hajar Aswad, Ini Penampakannya

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
05 May 2021 11:40
Sholat terawih pertama di Masjidil Haram. (AP/Amr Nabil) Foto: Sholat terawih pertama di Masjidil Haram. (AP/Amr Nabil)

Jakarta, CNBC Indonesia - Arab Saudi untuk pertama kalinya mengungkap foto Hajar Aswad. Dalam kepercayaan muslim, Hajar Aswad adalah batu hitam yang berada di Kabah, Masjidil Haram, Mekkah.

"Gambar al-Hajar al-Aswad atau Hajar Aswad, berukuran hingga 49.000 megapiksel dan membutuhkan waktu lebih dari 50 jam untuk difoto dan dikembangkan," kata Presidensi Umum Urusan Masjid Agung Saudi dan Masjid Nabawi di siaran pers dikutip CNN Internasional, Selasa (4/5/2021).


"Batu tersebut difoto dengan total tujuh jam untuk memproduksi gambar dengan resolusi tinggi."

Hajar Aswad terletak di tenggara Kabah. Batu tersebut berdiameter 30 sentimeter dan dikelilingi bingkai perak murni untuk mengawetkannya.

Umat muslim percaya bahwa Hajar Aswad diturunkan langsung dari surga dan diberikan kepada Nabi Ibrahim oleh malaikat Jibril. Jamaah yang melakukan haji atau umrah dianjurkan menyentuhkan tangannya ke Hajar Aswad dan menciumnya.

"Ini penting karena belum pernah terjadi sebelumnya," kata Afifi al-Akiti, seorang rekan dalam studi Islam di Universitas Oxford mengomentari batu tersebut.

"Seseorang melihat bahwa batu itu sebenarnya bukan hitam ... Seperti yang saya pahami, ini pertama kalinya ada foto digital batu yang diperbesar dan orang dapat melihat batu itu dari dekat dan secara pribadi."

Berikut penampakannya sebagaimana dimuat akun Twitter @hsharifain








[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading