Internasional

Simak! Singapura Rilis Aturan Baru Turis Asing Masuk

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 May 2021 09:45
People are dwarfed against the financial skyline as they take photos of the Merlion statue along the Marina Bay area in Singapore, Tuesday, June 30, 2020. (AP Photo/Yong Teck Lim)

Jakarta, CNBC IndonesiaSingapura akan memberlakukan karantina wajib 21 hari pada pengunjung asing yang datang mulai Jumat (7/5/2021). Kabar ini merupakan upaya terbaru Singapura dalam mencegah gelombang baru wabah Covid-19.

Tidak hanya itu, negara itu juga akan menetapkan kontrol jaga jarak sosial yang lebih ketat termasuk menutup gym dan pusat kebugaran. Ini terjadi pasca ditemukannya varian corona India yang disebut lebih ganas, B.1.617.


Pelancong yang masuk harus melakukan karantina di fasilitas khusus yang disiapkan pemerintah. Aturan diberlakukan khusus ke negara dengan risiko tinggi seperti India, Inggris, Afrika Selatan, Bangladesh, Pakistan, Nepal, dan Sri Lanka.

Khusus pelancong dari Fiji dan Vietnam, mereka akan diizinkan menyelesaikan tujuh dari 21 hari terakhir karantina di rumah. Namun aturan ini tak berlaku bagi pendatang dari Australia, Brunei Darussalam, China, Selandia Baru, Taiwan, Hong Kong, dan Makau.

Singapura juga membatasi jumlah pertemuan sosial dari delapan menjadi lima orang dari 8 Mei hingga 30 Mei. Para pengusaha juga harus membatasi tempat kerja hingga 50% staf, turun dari 75 persen berlaku untuk saat ini.

Kepala Gugus Tugas Covid-19 Singapura sekaligus Menteri Keuangan Lawrence Wong, menyatakan aturan ini diterapkan untuk memutus mata rantai penularan. Mengingat adanya lonjakan jumlah infeksi Covid-19.

"Bahwa putaran terakhir dari langkah-langkah 'sangat ketat' adalah respons terhadap wabah terbaru dari cluster dan dimaksudkan untuk memadamkannya lebih awal dan mengurangi kemungkinan harus memberlakukan tindakan yang lebih drastis di masa mendatang," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading