Gol A Gong Gantikan Najwa Shihab Jadi Duta Baca Indonesia

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 April 2021 17:10
Gol A Gong (Tangkapan Layar Instagram @golagong) Foto: Gol A Gong (Tangkapan Layar Instagram @golagong)

Jakarta, CNBC Indonesia - Heri Hendrayana Harris atau lebih akrab dengan nama Gol A Gong terpilih menjadi Duta Baca Indonesia periode 2021-2026. Ia akan menggantikan jurnalis yang juga pendiri Narasi TV, yaitu Najwa Shihab.

Eksistensi, dedikasi, totalitas dan semangat Gol A Gong sudah memberi bukti kalau aksi lebih penting dari sekedar narasi.

Gol A Gong yang merupakan sastrawan telah bergelut dengan aktivitas keliterasian selama lebih dari tiga dekade. Ia juga sekaligus pendiri Rumah Dunia yang berada di Serang, Banten dan pernah didaulat menjadi Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Indonesia.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando mengatakan Duta Baca Indonesia adalah role model yang menginspirasi dalam membangun sumber daya masyarakat seluruh Indonesia.


"Sosok Duta Baca bukan sekedar penyambung lidah program pemerintah tetapi juga sebagai seorang influencer, opinion leader, motivator, penggerak hati masyarakat agar mau menjadikan aktivitas baca sebagai budaya dalam keseharian sehingga nantinya berdampak positif pada pertumbuhan literasi di Tanah Air," katanya di Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Ia menambahkan bahwa terpilihnya Gol A Gong adalah representasi pilihan publik. Syarif berharap Gol A Gong bisa menghidupkan gairah membaca dan gairah penerbit untuk memperbanyak ketersediaan buku.

Menurut dia, setidaknya setiap tahun Indonesia membutuhkan 810 juta buku. Di mana, minimal tiga buku baru untuk setiap orang di setiap tahunnya.

Syarif juga menegaskan jika Duta Baca bukanlah anak perpustakaan. Duta Baca Indonesia merupakan kepercayaan negara dalam peningkatan literasi.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading