Internasional

Kejutan! Singapura Bakal Izinkan Perawat Muslim Berhijab

Lifestyle - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
11 April 2021 10:03
A tourist boat passes by the Marina Bay Sands, Singapore's casino resort, Monday June 13, 2011 in Singapore. Singapore's central bank said last week a survey of analysts shows the economy will likely grow 6.2 percent this year, more than the previous estimate. (AP Photo/Wong Maye-E)

Jakarta, CNCB Indonesia - Perdana MenteriĀ Singapura Lee Hsien Loong mengumumkan akan mengizinkan penggunaan hijab untuk perawat Muslim di negeri itu. Hal tersebut diutarakannya dalam pertemuan dengan komunitas Muslim Melayu, Sabtu (10/4/2021).

Melansir Channel News Asia, Lee mengatakan jilbab sudah menjadi pemandangan umum di sana. "Kami harus bersiap untuk mengambil tindakan seperti itu (membolehkan jilbab) untuk perawat karena sikap orang-orang telah berubah ... jilbab sekarang lebih umum," katanya, dikutip Minggu (11/4/2021).


Ia mengatakan sebenarnya izin sudah digodok pemerintah Singapura sejak lama. Hal ini pun telah dikonsultasikan secara intensif.

"Kami ingin orang-orang menyadari batasannya, saat kami melakukan perubahan ini. Kami harus memastikan bahwa warga Singapura, baik Muslim maupun non-Muslim, siap menerima langkah tersebut," jelasnya.

Ia menargetkan keputusan final akan diambil Agustus 2021. Lee mengatakan Singapura adalah negara multiras dan multiagama sehingga harmonisasi harus tetap dijaga.

Sebelumnya, jilbab dilarang digunakan perawat. Ini ditakutkan dapat merusak harmonisasi dengan pasien.

Singapura sangat berhati-hati soal ini. Setiap persoalan publik yang beririsan dengan bisnis sangat dikaji.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading