Waduh! Aktor Hollywood Ini Ditangkap Gegara Investasi Bodong

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
08 April 2021 13:15
Zach Avery (Tngakapan Layar via imdb) Foto: Zach Avery (Tangakapan Layar via imdb)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktor Hollywood Zachary Horwitz atau dikenal dengan nama Zach Avery, ditangkap polisi Amerika Serikat (AS), Selasa (7/4/2021). Ia diduga menjalankan investasi bodong, dengan skema Ponzi.

Melansir AFP, penipuan itu melibatkan perusahaan yang ia kelola bernama 1inMM Capital LLC. Ini terkait upaya mengumpulkan dana untuk memperoleh hak distribusi film.


Film tersebut yakni Run With Hunted (2019) dan Blood Quantum (2019). Ia mengaku akan mendistribusikan ke Netflix dan HBO dan membayar keuntungan yang didapat ke investor.

Namun sayangnya, sebagian dana investor masuk ke kantong pribadinya. Ia membeli jam tangan mewah, membayar desainer mahal hingga US$ 700.000 untuk membeli rumah mewah seharga US$ 5,7 juta tunai.

Ia juga menggunakan uang tersebut untuk perjalanan ke Las Vegas dengan pesawat jet sewaan.

Dalam laporan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Howirtz dan perusahannya juga tak memiliki perjanjian distribusi dengan layanan streaming. SEC malah mengungkap bahwa sang aktor film low budget tersebut melakukan skema Ponzi untuk menarik dana investor dari tahun 2014-2019.

Ia berhasil mengumpulkan dana hingga US$ 690 juta. Namun di 2019, ia berhenti membayar investor dengan alasan Netflix dan HBO tak membayar sesuai perjanjian.

Horwitz kini terancam penjara 20 tahun. Sayangnya pengacaranya belum memberikan keterangan lanjutan soal ini. Ia pernah bermain film berjudul Trespassers dan The White Crow.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading