Bukan Messi-Ronado, Ini 10 Crazy Rich di Bidang Olahraga

Lifestyle - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
07 April 2021 09:10
Dallas Cowboys owner Jerry Jones talks on the field before an NFL football game against the New Orleans Saints in New Orleans, Sunday, Sept. 29, 2019. (AP Photo/Butch Dill)

Jakarta, CNBC Indonesia - Forbes baru saja merilis orang kaya terbaru di tahun 2021. Dari nama-nama orang kaya tersebut, beberapa di antaranya merupakan investor yang menyokong grup olahraga di dunia.

Media asal Amerika Serikat (AS) ini menggunakan harga saham dan nilai tukar dari 5 Maret 2021 untuk menghitung kekayaan bersih para orang terkaya di dunia. Berikut adalah 10 besar investor terkaya di bidang olahraga yang memiliki kekayaan terbesar di dunia tahun ini:



1. Jerry Jones

Forbes mencatat kekayaan Jerry Jones mencapai US$ 8,9 miliar atau setara dengan Rp 124,6 triliun (kurs Rp 14.000/US$) di tahun ini. Peringkat kekayaan Jones menurut Forbes tahun ini berada di urutan ke 264, turun drastis dari peringkat tahun lalu yang menempati urutan ke-56.

Kendati demikian dilihat dari kekayaan yang dimilikinya, jumlah kekayaan Jones meningkat dari tahun lalu yang mencapai US$ 8 miliar.

Jerry Jones merupakan mantan kapten tim nasional Universitas Arkansas 1964. Pemilik tim sepak bola Amerika Dallas Cowboys ini memang telah lama mencitai sepak bola.

Kepemilikannya yang paling berharga adalah Dallas Cowboys, yang dia beli seharga US$150 juta pada tahun 1989. Timnya saat ini 'dihargai' sebesar US$5,5 miliar atau setara Rp 77 triliun.

Jones menyebut dirinya sebagai oil wildcatter dan menghasilkan jutaan pertamanya dalam investasi minyak pada tahun 1970-an. Dia saat ini masih berinvestasi dalam pengeboran serta proyek real estat perumahan dan ritel di Dallas.

Setelah kesepakatan 2018, Jones menjadi pemegang saham pengendali di Comstock Resources, sebuah perusahaan minyak dan gas di Texas yang diperdagangkan secara publik.

2. Stanley Kroenke

Jumlah kekayaan Kroenke di tahun ini mencapai US$ 8,2 miliar atau setara dengan Rp 114,8 triliun. Kekayaannya menurun 18% dari tahun lalu yang mencapai US$ 10 miliar.

Peringkat kekayaan menurut Forbes tahun ini menempati peringkat 304 turun dari peringkat tahun lalu yang berada pada posisi 59.

Stanley Kroenke adalah seorang pengusaha yang memiliki portofolio internasional terbesar dibidang real estate dan olahraga.

Dia memiliki kurang lebih 30 juta hektar real estate, sebagian besar di antaranya adalah pusat perbelanjaan di dekat toko Walmart.
Kroenke memiliki Los Angeles Rams, yang dia pindahkan kembali ke California dari St.Louis pada tahun 2016.

Kerajaan olahraganya juga termasuk Denver Nuggets, Colorado Avalanche, Colorado Rapids, dan klub sepak bola Arsenal Inggris.
Dia adalah pemilik tanah utama, dengan hampir 2 juta hektar peternakan di seluruh AS dan Kanada.


Los Angeles Rams owner Stanley Kroenke walks on the field before an NFL football game between the Rams and the New England Patriots, Sunday, Dec. 4, 2016, in Foxborough, Mass. (AP Photo/Steven Senne)Foto: Stanley Kroenke (AP/Steven Senne)
Los Angeles Rams owner Stanley Kroenke walks on the field before an NFL football game between the Rams and the New England Patriots, Sunday, Dec. 4, 2016, in Foxborough, Mass. (AP Photo/Steven Senne)



3. Robert Kraft

Forbes mencatat kekayaannya di tahun ini mencapai US$ 6,9 miliar atau setara dengan Rp 96,6 triliun, jumlah kekayaannya tersebut sama dengan jumlah kekayaannya tahun lalu.

Peringkat kekayaan Kraft menurut Forbes turun dari tahun 2020 yang berada pada peringkat 93. Tahun ini peringkatnya menempati posisi 380.

Robert Kraft membeli New England Patriots seharga US$ 172 juta pada tahun 1994 yang saat ini bernilai US$ 4,1 miliar dan memiliki enam kemenangan Super Bowl.

Kraft menghasilkan banyak uang dari kertas dan kemasan. Saat ini kerajaan olahraganya yakni klub MLS New England Revolution dan saham promotor seni bela diri campuran Ultimate Fighting Championship.

FILE - In this Nov. 3, 2019, file photo, New England Patriots owner Robert Kraft waves to fans as he walks on the field prior to the team's NFL football game against the Baltimore Ravens in Baltimore. Florida prosecutors will try to save their prostitution solicitation case against Kraft when they argue before an appellate court Tuesday, June 30, 2020, that his rights weren't violated when police secretly video recorded him allegedly paying for sex at a massage parlor. (AP Photo/Julio Cortez, File)Foto: Robert Kraft (AP/Julio Cortez)
FILE - In this Nov. 3, 2019, file photo, New England Patriots owner Robert Kraft waves to fans as he walks on the field prior to the team's NFL football game against the Baltimore Ravens in Baltimore. Florida prosecutors will try to save their prostitution solicitation case against Kraft when they argue before an appellate court Tuesday, June 30, 2020, that his rights weren't violated when police secretly video recorded him allegedly paying for sex at a massage parlor. (AP Photo/Julio Cortez, File)



4. Arthur Blank

Jumlah kekayaan Arthur Blank tahun ini sebesar US$ 6,2 miliar atau setara dengan Rp 89,6 triliun. Jumlah kekayaannya tahun ini naik 34,78% dari jumlah kekayaannya tahun lalu yang mencapai U$ 4,6 miliar.

Di tahun ini Arthur Blank memiliki peringkat ke-432 orang terkaya di dunia atau turun dari peringkat tahun lalu yang mencapai peringkat ke-105 versi Forbes.

Arthur Blank bersama rekannya, Bernie Marcus mendirikan Home Depot, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di industri retail pada tahun 1978 setelah dipecat dari pekerjaan mereka di toko perangkat keras.

Blank mengundurkan diri sebagai wakil ketua Home Depot pada tahun 2001 dan tahun berikutnya membeli Atlanta Falcons dari NFL seharga US$ 545 juta, yang sekarang bernilai US$ 2,8 miliar.

Dia menarik grup sepak bola profesional Major League Soccer untuk masuk ke grup sepak bola miliknya Atlanta United FC, yang mulai bermain pada Maret 2017.

Pada Agustus 2017, Blank kemudian memberikan tempat latihan tim sepak bolanya sendiri dengan membeliMercendez-Benz stadium senilai US$ 1,5 miliar.

Atlanta Falcons owner Arthur Blank walks on the field before an NFL football game against the New Orleans Saints in New Orleans, Sunday, Nov. 10, 2019. (AP Photo/Rusty Costanza)Foto: Arthur Blank (AP/Rusty Costanza)
Atlanta Falcons owner Arthur Blank walks on the field before an NFL football game against the New Orleans Saints in New Orleans, Sunday, Nov. 10, 2019. (AP Photo/Rusty Costanza)



Halaman 2>>

HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading