Ada Rasisme Anti-Asia di AS, BTS Ikut Murka & Sedih

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
30 March 2021 19:59
In this video grab provided by CBS and the Recording Academy, BTS performs

Jakarta, CNBC Indonesia - BTS, Boy Band Asal Korea menyatakan bergabung dengan gerakan 'Stop Asian Hate'. Melalui akun Twitter, BTS secara tegas mengutuk diskriminasi dan kekerasan rasial yang terjadi di negara Barat.

"Kami merasakan kesedihan dan kemarahan," kata BTS dalam postingan Twitter dalam bahasa Korea dan Inggris pada Selasa (30/3/2021).

"Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada mereka yang telah kehilangan orang yang mereka cintai," kata band itu, mengacu pada keluarga yang berduka dari para korban penembakan di Atlanta.


Sebanyak delapan orang, termasuk empat wanita keturunan Korea dan dua wanita keturunan China, tewas dalam penembakan di Atlanta, Amerika Serikat. Insiden ini memicu ketakutan tentang kejahatan rasial terhadap orang Asia-Amerika.

Menggunakan tagar, #StopAsianHate dan #StopAAPIHate, BTS berbagi pengalaman mereka tentang diskriminasi rasial dan mengatakan bahwa mereka akan berdiri bersama melawan kekerasan rasial semacam itu.

"Kami telah menahan umpatan tanpa alasan dan diejek karena penampilan kami. Kami bahkan ditanya mengapa orang Asia berbicara dalam bahasa Inggris," lanjut mereka.

"Pengalaman kami sendiri tidak penting dibandingkan dengan peristiwa yang telah terjadi selama beberapa minggu terakhir. Tapi pengalaman ini cukup untuk membuat kami merasa tidak berdaya dan merusak harga diri kami," ungkapnya

"Apa yang suara kami harus sampaikan adalah jelas. Kami menentang diskriminasi rasial. Kami mengutuk kekerasan. Anda, saya dan kami semua memiliki hak untuk dihormati. Kami akan berdiri bersama."

BTS juga mencatat membutuhkan banyak waktu bagi mereka untuk memutuskan bagaimana mereka harus menyuarakan pesan soal kekerasan rasial ini. "Apa yang terjadi saat ini tidak dapat dipisahkan dari identitas kami sebagai orang Asia."

Dilansir dari Yonhap, sebelumnya BTS mengikuti gerakan anti-rasial lainnya, yakni gerakan Black Lives Matter di AS tahun lalu. Band dan agensi manajemen labelnya Big Hit Entertainment bersama-sama menyumbangkan US$ 1 juta untuk gerakan tersebut.

Setelah itu, penggemar internasional BTS mengumpulkan lebih dari US$ 1 juta sebagai donasi untuk penyebab Black Lives Matter.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading