Ultraman-Hello Kitty Geger Gegara Topeng Emas 3.000 Tahun

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
24 March 2021 16:55
Mask (Ist/Weibo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Topeng emas berusia 3.000 tahun ditemukan di provinsi Sinchuan, China. Artefak itu adalah salah satu dari 500 peninggalan Zaman Perunggu yang ditemukan di situs arkeologi Sanxingdui.

Para ahli mengatakan penemuan itu bisa memberikan wawasan baru tentang negara bagian Shu kuno, yang menguasai daerah itu sebelum 316 SM. Namun topeng misterius setengah wajah itu justru melahirkan meme dan "video penghormatan" unik di media sosial.


Netizen China pengguna Weibo membuat gambar baru, yang menggunakan budaya populer dengan topeng tersebut. Tagar "kompetisi edit foto topeng emas Sanxingdui" juga heboh di media sosial dengan empat juta kali view.

Beberapa bahkan membuat topeng itu dipakai oleh Ultraman, tokoh fiksi serial pahlawan raksasa Jepang. Hello Kitty, juga ikut memakai topeng ini.Bak gayung bersambut, hal ini juga disambut museum Sanxingdui.

Mask (Ist/Weibo)Foto: Mask (Ist/Weibo)
Mask (Ist/Weibo)

Lembaga terkemuka China itu memuat video khusus berisi animasi binatang yang dipakai topeng itu. Lagu rap juga jadi backgroud video. Melansir BBC Internasional, pembawa acara televisi setempat bahkan memuji viralnya temuan tersebut.

Ini bukan pertama kalinya artefak Tiongkok menarik perhatian pengguna media sosial. Agustus 2020, pemerintah juga mengumumkan temuan artefak karakter babi dalam video game populer Angry Birds.

Selain topeng emas, para arkeolog di Sanxingdui telah menemukan potongan perunggu, lembaran emas serta artefak yang terbuat dari gading, giok, dan sutra. "Ada enam lubang," kata Administrasi Warisan Budaya Nasional China.

Reruntuhan Sanxingdui ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani pada tahun 1929. Hingga saat ini, lebih dari 50.000 relik telah digali di situs tersebut, yang berjarak sekitar 60 km (37 mil) dari kota Chengdu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Profil Lili Luo, Pebisnis Cantik yang Tewas Tanpa Busana


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading