Bos PBSI: China Dukung RI, Kecewa atas Kasus All England 2021

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
19 March 2021 21:04
Ketum PBSI, Agung Firman Sampurna, mengungkap China memberi dukungan atas kemalangan tim Indonesia di All England 2021. ( Foto: dok.PBSI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Negara yang selalu menjadi kompetitor terdekat Indonesia di bulu tangkis, China, diketahui mendukung Indonesia terkait dengan perlakuan diskriminatif dari panitia penyelenggara All England 2021 dan federasi bulu tangkis dunia BWF.

Hal itu disampaikan langsung Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Agung Firman Sampurna, setelah mendapat laporan dari Presiden Badminton Asia Confederation (BAC), Anton Subowo.

Menurut Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI ini, BAC mendapat surat resmi dari federasi bulu tangkis China yang turut menyatakan kekecewaannya terhadap pelaksanaan All England 2021.


"Prinsipnya mereka berdiri pada posisi kita," kata Agung di sela-sela pemberian motivasi kepada atlet di Birmingham, dikutip dalam rilis PBSI, Jumat (19/3/2021).

"[China] menyatakan ikut kecewa sekali dengan kejadian ini. Dan pada prinsipnya mereka berdiri pada posisi kita," kata Agung.

Setelah musibah yang menerpa tim bulu tangkis Indonesia di ajang All England 2021 pada Kamis (18/3), Agung Firman memang langsung menemui timnas pada malam harinya. Pertemuan via virtual itu dimaksudkan untuk memberi suntikan semangat kepada Praven Jordan dkk, usai tragedi memilukan tersebut.

Agung yang ditemani Ketua Harian, Alex Tirta dan Wakil Ketua Umum 2 Eduart Wolok, menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh wakil Merah-Putih.

"Pertama saya ingin menyampaikan betapa hari ini saya bangga sama teman-teman di sana. Betapa teman-teman di sana mendapat dukungan hampir semua media dan sebagian besar masyarakat Indonesia. Begitu besar ternyata harapan terhadap kita untuk berprestasi di ajang ini," kata Agung.

"Tadi secara khusus Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan kekecewaan Presiden Republik Indonesia atas dilarangnya atlet-atlet kita untuk berlaga," lanjutnya.

Agung memahami kondisi ini merupakan hal yang sangat tidak mengenakkan tapi dia berharap tim Indonesia terus berjuang untuk nama Indonesia.

"Teman-teman harus terus berjuang demi kejayaan dan kehormatan negara kita di ajang bulutangkis yang prestisius ini. Dan satu hal yang harus ditanamkan di diri kita bahwa kita sudah menang di babak pertama dan kita calon juara. Kita keluar dari sana kita tidak pernah kalah. Kita bertanding untuk menang dan kita nyatanya tidak pernah kalah," kata Agung.

"Sekarang walau tidak bisa bertanding setidaknya teman-teman punya kesempatan untuk menjaga kondisinya agar tetap fit," sambungnya.

Terlepas dari hasil yang tidak sesuai harapan, Agung memastikan bahwa tim Indonesia mendapat dukungan penuh, bukan hanya dari pemerintah dan masyarakat Indonesia tapi juga dari negara lain.

"Terlepas dari hasilnya, ini memperlihatkan perhatian untuk teman-teman luar biasa. Menteri Luar Negeri dan kemudian Duta Besar memastikan bagaimana mengurus teman-teman yang sekarang ada di sana."

"Kita Sedang berpikir apa yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk merespon situasi yang seperti ini. Jangan khawatir, di sini kita tetap berjuang, dari jalur diplomatik maupun dari jalur profesional," katanya.

Berkaca dari kejadian ini, Agung bersama para pengurus PBSI berjanji akan melakukan mitigasi agar kejadian serupa tidak terjadi kembali. Salah satunya dengan memasukkan opsi menyewa pesawat saat keberangkatan ke turnamen-turnamen mendatang.

Dalam kesempatan itu juga, Agung berpesan kepada seluruh insan di PBSI agar tetap solid dan saling menjaga.

"Ini juga merupakan momentum bagi kita untuk menjadi lebih solid. Dalam kondisi seperti sekarang ini mari kita saling asah, saling asih, saling asuh, saling memberikan informasi, dan saling menguatkan," pesannya.

"Memang begini situasi yang kita hadapi sekarang, tetapi hal ini jangan menyurutkan langkah kita semua untuk membuat bulutangkis Indonesia diakui di mata internasional, di mata dunia," ucap Agung.

"Terakhir saya ingin menyampaikan kepada teman-teman untuk tetap semangat. Kita semua kecewa tapi saya bangga dengan teman-teman, apapun hasilnya itu yang terbaik. Jangan putus asa dan mari kita terus berjuang. Jaga kesehatan selama di sana dan marilah kita memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar selalu memberikan perlindungan kepada kita."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kisruh All England, Bos BWF Minta Maaf ke Jokowi & Rakyat RI


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading