Kabar Gembira! Ratusan Lagu K-Pop Muncul Kembali di Spotify

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
11 March 2021 11:10
FILE PHOTO: The Spotify logo is displayed on a screen on the floor of the New York Stock Exchange (NYSE) in New York, U.S., May 3, 2018. REUTERS/Brendan McDermid/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah beberapa waktu menghilang, ratusan lagu dari ratusan artis K-pop populer termasuk Sistar, IU, Monsta X, Epik High, akhirnya kembali muncul di aplikasi streaming audio asal Swedia, Spotify.

Spotify mengumumkan bahwa perusahaan telah mencapai kesepakatan dengan Kakao Entertainment Corp (sebelumnya Kakao M), yang membuat kontennya tersedia di platform Spotify di seluruh dunia, termasuk untuk yang pertama kalinya di Korea Selatan.

"Kami senang karena konten dan artis Kakao Entertainment Corp. telah kembali di Spotify, memberikan kesempatan kepada lebih dari 345 juta pendengar di 170 negara untuk kembali mendengarkan lagu yang mereka sukai," kata seorang juru bicara Spotify dalam sebuah rilis yang diterima CNBC Indonesia pada Kamis (11/3/2021).


"Spotify selalu memiliki misi untuk menghubungkan artis dengan penggemar mereka di seluruh dunia dan memberikan pendengar akses ke semua musik," lanjutnya.

"Kami sangat senang bahwa para pendengar di Korea kini dapat ikut menikmati musik lokal mereka bersama lebih dari 70 juta lagu dan 4 miliar playlists kami. Kami tetap berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada ekosistem streaming musik Korea melalui kemitraan kami dengan para penyanyi, label, dan pemegang hak lokal."

Senada dengan pernyataan Spotify, pihak Kakao juga berharap kemitraannya ini dapat membuat para pecinta musik di seluruh dunia dapat dengan mudah mengakses lagu-lagu K-pop.

"Kakao Entertainment Corp telah mencapai kesepakatan dengan Spotify dan akan menyediakan konten musiknya di Spotify untuk layanan di dalam dan luar Korea," kata juru bicara Kakao.

"Melalui kemitraan yang beragam di seluruh dunia termasuk Spotify, Kakao Entertainment berharap para pecinta musik di seluruh dunia dapat dengan mudah mengakses artisnya dan konten musiknya untuk menikmati K-pop. Kakao Entertainment tetap berkomitmen pada ekosistem musik Korea dan pertumbuhannya, dan akan terus melindungi hak para penyanyi, label, dan pemegang hak lokal ke depannya."

Sebelumnya, lagu-lagu para artis K-pop mulai hilang dari Spotify sejak 1 Maret. Hal ini dipicu dengan alotnya pembaruan perjanjian lisensi Spotify dengan Kakao yang masa berlakunya sudah habis. Kakao sendiri merupakan salah satu perusahaan distribusi terbesar di Korea yang memegang lisensi banyak musisi K-pop ternama.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading