Kisah Harry & Meghan: Romansa Hingga Keretakan Kerajaan

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 March 2021 13:15
FILE - In this Tuesday, July 10, 2018 file photo Britain's Queen Elizabeth II, and Meghan the Duchess of Sussex and Prince Harry watch a flypast of Royal Air Force aircraft pass over Buckingham Palace in London. In a stunning declaration, Britain's Prince Harry and his wife, Meghan, said they are planning

Jakarta, CNBC Indonesia - Cinta pada pandangan pertama ternyata bukan sekadar dongeng belaka. Hal ini terjadi pada Pangeran Harry yang kala itu menemukan pasangan sempurna dalam wujud Meghan Markle dan berakhir pada pernikahan ala kerajaan yang elegan.

Namun, kurang dari tiga tahun setelahnya, perselisihan yang terjadi pun semakin memanas antara Meghan dan keluarga kerajaan Inggris. Ini tentu menjadi sorotan dunia karena kasus yang terjadi di keluarga monarki diekspos secara begitu terbuka.

Perdebatan ini juga semakin memanas dengan adanya wawancara pasangan itu di acara TV Oprah Winfrey, serta niat Harry dan Meghan untuk menulis cerita mereka sendiri.

Keputusan itu tentunya mendapat pro-kontra dari berbagai kalangan. Meski begitu, keduanya sekarang bebas dari belenggu aturan kerajaan, untuk mengungkapkan apa yang menyebabkan kepergian mereka dari kerajaan.

Berikut adalah kronologi perseteruan Harry dan Meghan dengan kerajaan seperti dirangkum CNN, Minggu (7/3/2021).

Juli 2016
Kisah cinta mereka dimulai pada Juli 2016. Mereka bertemu singkat dalam sebuah kencan buta lewat perantara seorang teman. Markle kebetulan menyambangi London saat itu.

Harry dan Markle awalnya tak saling kenal. Harry tak tahu bahwa Markle lebih tua tiga tahun darinya dan sudah menyandang status janda selama tiga tahun setelah bercerai dari Trevor Engelson. Markle juga tak tahu Harry dan reputasinya sebagai playboy.

Harry bahkan mengaku belum pernah menonton Suits, drama yang dibintangi Markle sejak 2011. Namun, pandangan pertama benar-benar menghipnotisnya.

Hanya beberapa minggu kemudian, dan tanpa sepengetahuan dunia pada saat itu, Harry meyakinkan Meghan untuk bergabung dengannya di Botswana tempat mereka berkemah di bawah bintang-bintang. Di sanalah pasangan itu benar-benar mendapat kesempatan untuk mengenal satu sama lain.


"Kami dapat memiliki begitu banyak waktu hanya untuk terhubung, dan kami tidak pernah pergi lebih dari dua minggu tanpa bertemu satu sama lain, meskipun kami jelas melakukan hubungan jarak jauh. Kami membuatnya berhasil," kata Harry kepada BBC.

Selama lima hingga enam bulan pertama, hubungan Harry dan Markle dilakukan secara diam-diam. Markle baru pertama kali 'diperkenalkan' ke publik pada sebuah Invictus Games.

Pada tahun yang sama, Meghan dibombardir pemberitaan tak menyenangkan oleh berbagai media. Pangeran Harry akhirnya memperingatkan media massa atas berita-berita yang dianggapnya sebagai bentuk pelecehan terhadap Meghan.

Pernyataan, yang juga sebagai penegasan hubungan Harry dan Meghan untuk pertama kalinya, itu menuduh media ataupun para pengguna media sosial telah melakukan pelecehan seksisme dan rasisme terhadap Meghan.



November 2017
Kurang dari dua tahun, keduanya yakin untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Harry melamar Markle pada November 2017, dan pertunangan mereka diumumkan pada bulan yang sama.

Harry dan Meghan berpose untuk sesi foto di Sunken Garden di Kensington Palace di London barat pada 27 November 2017, setelah pengumuman pertunangan mereka.

Enam belas bulan kemudian, ayah Harry, Pangeran Charles, dengan gembira menyampaikan kabar pasangan itu bertunangan dalam sebuah pernyataan di Twitter dan akan menikah pada Mei 2019. Tak lama setelah pernyataan itu, Harry dan Meghan muncul untuk sesi foto di halaman Istana Kensington sebelum wawancara untuk BBC.

Disiarkan malam itu, Meghan memuji keluarga kerajaan dan betapa ramahnya mereka padanya.

"Keluarganya luar biasa, dan selama satu setengah tahun terakhir kami merasa sangat senang mengenal mereka dan secara progresif membantu saya merasa menjadi bagian bukan hanya dari institusi tetapi juga bagian dari keluarga," kata Meghan.

Maret 2019

Istana Kensington yang mewakili keluarga Cambridges dan Sussex pada saat itu mendukung operasi media sosial sebagai tanggapan atas peningkatan pelecehan online rasis yang tertuju pada Meghan.

Keluarga tersebut merilis seperangkat pedoman media sosial dan keluarga kerajaan beralih ke Instagram dan Twitter untuk mendapatkan dukungan dalam memerangi pelecehan online.

Staf istana juga mengatakan kepada CNN pada saat itu bahwa pihaknya melakukan lebih banyak sumber daya untuk menghapus komentar tentang Meghan, serta memblokir akun yang melanggar.

Masih di bulan yang sama, Ratu Elizabeth II memberi izin kepada Harry dan Meghan untuk mendirikan kantor mereka sendiri dengan stafnya sendiri di Istana Buckingham pada musim semi.

Beberapa mempertanyakan apakah ada perselisihan antara pasangan senior kerajaan. Tetapi Istana Kensington bersikeras bahwa itu adalah bagian dari langkah yang telah direncanakan sejak lama.

Keluarga Sussex telah tinggal di Nottingham Cottage, sebuah rumah di dalam lahan Istana Kensington di London. Tetapi mereka akan pindah ke rumah baru mereka di Frogmore Cottage di Windsor Estate, sebelah barat London saat mereka bersiap untuk kedatangan anak pertama mereka.

Mei 2019

Pada 6 Mei, Istana Buckingham mengumumkan Duchess of Sussex alias Meghan telah melahirkan seorang anak laki-laki. Anak pertama dari Meghan dan Pangeran Harry dilahirkan dengan selamat.

Berita tentang keluarga Sussex yang berkembang telah terungkap pada bulan Oktober saat mereka memulai tur luar negeri pertama mereka ke Australia. Sebagian besar kabar kehamilan dijauhkan dari mata-mata dengan pasangan kerajaan yang berpegang teguh pada permintaan privasi mereka yang berulang.

Dan dalam istirahat dari tradisi kerajaan, Meghan memilih untuk tidak mengikuti jejak saudara iparnya, Catherine, dan ibu Harry, Diana, yang keduanya muncul di hadapan fotografer dengan bayi mereka digendong dipelukan mereka beberapa jam setelah melahirkan di London.

Berpisah dari Royal Foundation hingga Keretakan Harry dengan Pangeran William
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading