Ini 7 Tanaman Hias Indoor Terbaik Bikin Udara Bersih lho Bund

Lifestyle - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
23 February 2021 18:40
Hoya Carnosa (Image by Sylwia Aptacy from Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tinggal di perkotaan memang identik dengan polusi udara dan debu. Tapi, jangan khawatir, masalah ini bisa dikurangi dengan menanam tanaman hias yang bisa berfungsi membersihkan udara.

Selain mempercantik dan membuat ruangan menjadi lebih asri dan adem, ada beberapa tanaman hias yang ternyata mampu menyerap udara kotor, sehingga udara ruangan menjadi lebih bersih dan segar.

Mengutip HaiBunda, berikut tujuh jenis tanaman hias di dalam ruangan (indoor) terbaik yang bisa bisa udara rumah Bunda jadi lebih bersih:


1. Sambang Getih

Menurut sebuah studi, tanaman hias sambang getih sangat efisien untuk menghilangkan senyawa volatile organic (VOC) seperti benzene, toluene, dan cotane. Polutan dalam ruangan biasanya datang dari barang rumah tangga seperti cat, pembersih, semprotan rambut, hingga pakaian yang dicuci kering.

Tanaman sambang getih memiliki daun yang mengkerut dan luas untuk membersihkan udara. Sisi belakang daunnya tumbuh rendah dengan warna ungu yang kontras dengan daun hijau tua. Berikan ia cahaya terang dan kelembaban untuk mempertahankan warna ungunya.

Sambang Getih (Photo by Max Letek on Unsplash)Foto: Sambang Getih (Photo by Max Letek on Unsplash)
Sambang Getih (Photo by Max Letek on Unsplash)


2. English Ivy

Tanaman hias hedera helix atau yang biasa disebut ivy biasanya sangat mentolerir cahaya dan kondisi tanah nih, Bund. Sama seperti sambang getih, ia juga bisa menghilangkan VOC dari udara di rumah.

Ahli horikultura mengembangkan ivy menjadi 'Fluffy ruffles' dengan daun yang kusut dan dengan variasi emas. Tanaman ini bisa berkembang dengan sempurna meski pada pot gantung.

English Ivy (Photo by Ave Calvar Martinez from Pexels Copy)Foto: English Ivy (Photo by Ave Calvar Martinez from Pexels Copy)
English Ivy (Photo by Ave Calvar Martinez from Pexels Copy)


3. Tanaman Wax

Tanaman wax atau hoya carnosa juga dikenal sebagai tanaman lilin karena bunga seperti lilin berbentuk bintang nih, Bunda. Tanaman ini akan mentolerir tingkat cahaya yang lebih rendah, tetapi bunganya paling produktif dalam kondisi cahaya tinggi.

Batang tanaman ini akan menjulur jika ditanam pada pot gantung. Ia juga tahan terhadap kekeringan nih, Bunda. Tanaman ini akan memaksimalkan pembuangan VOC pada rumah minimalis.

Hoya Carnosa (Image by Sylwia Aptacy from Pixabay)Foto: Hoya Carnosa (Image by Sylwia Aptacy from Pixabay)
Hoya Carnosa (Image by Sylwia Aptacy from Pixabay)


4. Purple Spidewort

Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati yang segar. Tanaman dengan nama ilmiah Tradescantia pallida ini sangat baik jika ingin ditanam di dalam ruangan lho, Bunda. Ia juga mampu bertahan pada suhu hingga 25 derajat Fahrenheit.

Peneliti menemukan bahwa tanaman hias purple spiderwort menunjukkan kemampuan untuk menghilangkan VOC di udara. Jadi Bunda tidak perlu terganggu dengan bau cat atau furnitur baru.

Purple Spiderwort (Image by Jan Haerer from Pixabay)Foto: Purple Spiderwort (Image by Jan Haerer from Pixabay)
Purple Spiderwort (Image by Jan Haerer from Pixabay)

5. Tanaman Saraf

Tanaman saraf atau Fittonia argyroneura tidak menghasilkan bunga dengan warna mencolok nih, Bunda. Tapi, ia memiliki urat daun berwarna merah muda, merah, atau putih, yang cantik jika dijadikan tanaman hias.

Tanaman ini tidak membutuhkan cahaya terang agar bisa tumbuh sempurna. Ia hanya membutuhkan kelembaban yang konsisten agar tetap sehat.

INFORMASI BERIKUTNYA >>> KLIK DI SINI


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading