Internasional

Listrik Padam Berhari-hari di Texas AS, Ada Apa?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
18 February 2021 16:54
London dilanda hujan salju langka. (AP/Alberto Pezzali)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badai musim dingin melanda Texas, Amerika Serikat (AS). Hal ini, membuat negara bagian penghasil energi terbesar di AS itu bergulat dengan pemadaman berhari-hari.

Melansir Reuters, cuaca dingin telah menewaskan 21 orang dan memutus aliran listrik ke empat juta lebih penduduk. hingga berita ini diturunkan Kamis (18/2/2021) dini hari waktu setempat. Padamnya listrik diperkirakan masih akan terjadi hingga akhir pekan ini.


Di kota terbesar Houston misalnya, AFP menulis ratusan ribu penduduk kota metropolitan itu kini menderita kedinginan akibat padam listrik dan kesulitan air. Di ibu kota Texas, Austin, puluhan ribu pelanggan perusahaan listrik lokal, Austin Energy, juga mengalami pemadaman bergilir.

Operator jaringan listrik Texas, The Electric Reliability Council of Texas (ERCOT), mencoba memulihkan daya generator termal, baik dengan gas alam, batu bara, dan bahan bakar lainnya. Namun hal itu tak bisa dilakukan karena katup dan pipa membeku.

Gubernur Texas Greg Abbot memerintahkan penyedia gas alam negara bagian itu untuk tidak melakukan pengiriman energi ke luar Texas. Ia meminta regulator untuk memberlakukan larangan resmi.

Belum jelas apakah ini juga akan berlaku bagi pengiriman negara bagian lain. Namun Texas mengekspor gas melalui pipa ke Meksiko dan dengan kapal membawa LNG ke terminal di Freeport dan Corpus Christi, termasuk Midwest dan Timur Laut.

Seorang politisi Partai Demokrat, BOte O'Rourke, mengatakan bahwa situasi di Texas sangat buruk. Menurutnya orang-orang di Lone Star State, sudah berhari-hari tanpa listrik.

"Mereka menderita," katanya.

"Ibukota energi Amerika Utara tidak dapat menyediakan energi yang dibutuhkan untuk menghangatkan dan memberi daya pada rumah orang-orang di negara bagian yang hebat ini. Kami mendekati negara bagian yang gagal di Texas."

Cuaca dingin telah menutup sekitar seperlima dari kapasitas penyulingan nasional dan menutup produksi minyak dan gas alam seluruh Texas. Sekitar 4 juta barel kapasitas penyulingan harian telah ditutup dan 1 juta barel per hari produksi minyak juga setop.

Negara bagian ini menyumbang sekitar seperempat dari produksi gas alam AS. Pada 10 Februari, Texas memproduksi sekitar 7,9 miliar kaki kubik per hari, tetapi turun menjadi 1,9 miliar pada Rabu.

Satu miliar kaki kubik gas dapat memasok sekitar 5 juta rumah di AS per hari. Badai musim dingin terjadi tak hanya di Texas, tapi juga Kentucky dan Missouri.

Meksiko Kena Imbas

Sementara itu, pemadaman listrik di Texas juga mempengaruhi pembangkit listrik di Meksiko. Pemadaman listrik melanda jutaan orang di Meksiko bagian Utara.

Dari data Refnitiv Eikon, ekspor gas alam Texas ke Meksiko melalui pipa turun 75% selama seminggu terakhir. Pada Rabu, pejabat Meksiko menyebut ekpor gas melalui pipa turun 3,8 miliar kaki kubik per hari, atau turun dari rata-rata 30 hari terakhir sebesar 5,7 miliar.

Produsen mobil di negeri Telenovela juga dilaporkan menutup operasi karena tak punya bahan bakar untuk mengoperasikan pabrik. Pemerintah Meksiko memanggil perwakilan AS di negeri tu untuk mendesak pasokan gas alam.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading