Simak! Deretan Tips Jaga Kesehatan Mental-Fisik Saat Pandemi

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 January 2021 18:05
A man cycles on a Brompton folding bicycle in central London, during England's second coronavirus lockdown, Friday, Nov. 20, 2020. The team at Brompton Bicycles company thought they were prepared for Britain's Brexit split with Europe, but they face uncertainty about supplies and unexpected new competition from China, all amid a global COVID pandemic. (AP Photo/Matt Dunham)

Jakarta, CNBC Indonesia - PandemiĀ Covid-19 masih belum ada tanda-tanda berakhir. Per hari ini, Jumat (21/1/2021), kasus konfirmasi positif di tanah air sudah mencapai 965.283.

Untuk memutus rantai penyebaran virus corona baru penyebab Covid-19, perlu ada peran dari diri sendiri. Ada beberapa tips menjaga kesehatan mental dan fisik saat pandemi Covid-19 agar Anda tidak mudah tertular virus mematikan itu.

Berikut adalah tips-tips berdasarkan keterangan UNICEF dan berbagai sumber lainnya.

Pakai masker
Saat Anda keluar rumah, pastikan Anda dan anak Anda atau anggota keluarga lainnya memakai masker dengan benar. Masker kertas sebaiknya hanya dipakai satu kali, sedangkan masker kain bisa dicuci dengan sabun setelah digunakan.

Pastikan masker menutupi hidung dan mulut. Setelah Anda memakai masker, jangan menyentuhnya. Cuci tangan Anda dengan sabun sebelum Anda memakai masker dan setelah Anda melepasnya.

Masker tidak boleh digunakan oleh siapa pun yang tidak dapat melepas masker tanpa bantuan, termasuk bayi dan anak kecil, atau siapa pun yang mengalami kesulitan bernapas.

Cuci tangan Anda dengan sabun


Pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik, terutama sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan ketika harus keluar dan pulang ke rumah. Jika Anda pergi keluar, cobalah untuk membawa pembersih tangan atau hand sanitizer jika Anda tidak dapat menemukan sabun dan air.

Jaga jarak fisik

Saat Anda pergi keluar, pastikan Anda dan anak-anak Anda berada setidaknya satu meter dari yang lain. Waspadai lingkungan Anda.

Jika Anda berada dalam antrean dan seseorang terlalu dekat, mintalah mereka dengan sopan untuk menjaga jarak. Hindari pertemuan dan acara besar.

Siapkan rutinitas

Rencanakan rutinitas harian bersama anak Anda, sehingga mereka tahu kapan waktunya untuk bangun, belajar, berolahraga, bermain, atau sekedar bersantai. Rutinitas dapat membantu anak merasa termotivasi.

Jika anak Anda tampak stres, Anda mungkin ingin menyesuaikan rencana Anda dan mengalokasikan lebih banyak waktu untuk aktivitas fisik terutama untuk anak yang lebih kecil.

Terapkan pola makan sehat

Sajikan buah dan sayur setiap hari. Usahakan konsumsi buah dan sayur segar. Usahakan untuk selalu menyiapkan camilan sehat di rumah.
Yoghurt, kacang-kacangan atau buah kering bisa jadi pilihan. Ingat, kurangi konsumsi makanan siap saji atau makanan kemasan.

Disarankan juga untuk minum air putih secukupnya. Bagi orang dewasa minum air putih 1,5 sampai 2 liter setiap hari.

Istirahat cukup

Tak kalah penting, tidur dan istirahat cukup. Tips ini sangat berpengaruh pada tubuh. Usahakan untuk mendapatkan tidur berkualitas,

Tetap aktivitas

Meski terbatas, jangan lupa untuk tetap aktif beraktivitas. Usahakan untuk tetap berkegiatan walau hanya di dalam rumah. Misalnya saja, berolahraga di dalam ruangan, berkebun, memasak atau membersihkan rumah.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading