Benarkah Ciuman & Berhubungan Seks Bisa Tertular Covid-19?

Lifestyle - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
21 January 2021 13:37
Ilustrasi Virus Covid-19 (Photo created by wirestock via Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 masih sangat menghantui masyarakat di berbagai belahan dunia. Ada banyak hal seputar penularan virus corona termasuk soal berciuman dan berhubungan seks.

Perlu diketahui bahwa Covid-19 bukanlah penyakit menular seksual. Virus memang berada dalam sekresi pernapasan, dan dapat ditularkan melalui kontak langsung pada pengidap, atau melakukan hubungan seksual yang melibatkan air liur, seperti berciuman.

Ketika berciuman dengan orang yang terinfeksi virus corona, sudah dipastikan pasangan juga akan terinfeksi.

Mengutip Health, Kamis (21/1/2021) ahli penyakit infeksi dr Kristin Englund dari Cleveland Clinic berkomentar bahwa para ahli masih belum banyak memahami sifat virus corona ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak secara spesifik menyebut virus menular lewat aktivitas seksual namun dari percikan liur.

"Apa yang kita ketahui sejauh ini adalah Covid-19 ada di sekresi pernapasan kita," kata dr Kristin beberapa waktu lalu.

Secara teori aktivitas seksual seperti berciuman bisa saja membuat seseorang tertular virus corona. Hanya saja sekali lagi ini belum dibuktikan secara ilmiah.

"Saat ini, kami masih belum tahu secara detail," lanjut dr Kristin.

Seperti diketahui baik pipi atau bibir, potensi penularan virus corona sama-sama besar, tidak hanya karena melakukan kontak saja, tapi juga karena adanya pertukaran air liur.

Hingga saat ini, belum ada laporan terkait cairan seks dapat menularkan virus. Meski demikian, melakukan hubungan seks dengan pengidap corona merupakan hal yang sangat dilarang untuk dilakukan.

Hal tersebut karena bukan tidak mungkin virus akan ikut menginfeksi tubuh dan Anda melakukan kontak atau komunikasi jarak dekat.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading