Ini 6 Cara Bangkitkan Semangat Diri Saat Covid Mengganas

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 January 2021 11:05
Ilustrasi lelah bekerja (Designed by Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu dampak yang timbul di tengah pandemi Covid-19 adalah gangguan pikiran. Bukan hanya mengancam kesehatan mental, tetapi ini juga mengganggu kesehatan fisik.

Semua aktivitas yang biasa dilakukan menjadi terbatas, bahkan lebih banyak dilakukan di rumah saja. Profesor dan Direktur Self and Motivation Lab di University of Buffalo, Lora Park, mengatakan bahwa motivasi hidup cenderung turun ketika Anda merasa kekurangan.

Setidaknya ada tiga bidang utama kehidupan yang memengaruhi motivasi Anda yakni otonomi, kompetensi, dan hubungan.


Nah, berikut beberapa cara agar tidak stres selama pandemi Covid-19 dan bisa membuat hidup lebih semangat, menurut Park kepada CNBC Make It.


1. Buatlah Ritual Harian

Sebuah studi tahun 2018 dari Universitas Harvard menemukan bahwa ritual harian atau tindakan apa pun yang dilakukan sebelumnya yang ditandai dengan kekakuan dan pengulangan meningkatkan pengendalian diri dan perasaan disiplin diri orang-orang.

"Ritual tidak harus menjadi hal yang rumit, itu bisa menjadi rutinitas yang sangat kecil yang Anda lakukan setiap hari. Misalnya, meletakkan pakaian olahraga di samping tempat tidur agar Anda bisa berolahraga di pagi hari dianggap sebagai ritual. Begitu pula meluangkan waktu untuk bermeditasi atau bersantai setelah Anda menyiapkan anak-anak Anda untuk hari sekolah," kata Park.

Seiring waktu, ritual mengotomatiskan perilaku, kata Park. Ketika sebuah kebiasaan menjadi otomatis, itu akan membebaskan energi mental Anda untuk kemudian dapat fokus pada hal-hal lain yang membutuhkan lebih banyak waktu perhatian atau energi.


2. Siapkan 'Isyarat' Rutin

Seseorang mungkin telah memprogram rutinitasnya sehari-hari. Di tengah pandemi mungkin hal ini akan menjadi kendala dan rasa kebingungan ketika rutinitas sedikit berubah dari biasanya.

Selama pandemi, isyarat yang biasanya mendorong Anda untuk melakukan sesuatu (seperti berjalan ke kantor dan merasa siap untuk bekerja atau berhenti di gym dalam perjalanan pulang Anda) telah terganggu, kata Conroy.

Menciptakan isyarat di lingkungan fisik Anda akan membantu Anda tetap pada jalurnya. Misalnya, jika Anda bekerja dari rumah, menentukan ruang kerja. Dengan begitu, Anda akan merasa siap dan siap secara mental untuk bekerja saat Anda memasuki ruang itu dan dapat memutuskan hubungan saat Anda berada di tempat lain.


3. Hadiahi Diri Anda dengan Cara yang Tepat

Hadiah dapat meningkatkan motivasi atau keinginan intrinsik Anda untuk melakukan suatu aktivitas, kata Park. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa waktu pemberian itu penting. Pada dasarnya, Anda harus memasangkan suatu aktivitas dengan sesuatu yang menurut Anda menyenangkan untuk dilakukan selama atau tepat setelah aktivitas tersebut, katanya.

Jadi, saat Anda berlari di atas treadmill, Anda dapat menonton acara Netflix favorit sebagai "hadiah". Atau, Anda dapat menikmati camilan seperti secangkir kopi atau sepotong cokelat sambil mengerjakan tugas kerja yang membosankan. Kuncinya adalah memastikan imbalan dan tidak merusak diri sendiri.

Cara Bangkitkan Semangat Diri (2)
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading