WFH Lanjut Tahun ini, Berikut 4 Tips Tetap Produktif di Rumah

Lifestyle - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
01 January 2021 18:00
Infografis/New Normal Sri Mulyani Syarat PNS Kemenkeu Bisa Kerja dari  Mana Saja/Aristya Rahadian krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - KegiatanĀ bekerja dari rumah (work from home) sepertinya akan tetap berlanjut di tahun 2021 bagi sebagian masyarakat dunia. Walaupun, seperti kita tahu, vaksinĀ Covid-19 sudah ditemukan dan mulai didistribusikan ke sejumlah negara.

Marie Kondo, seorang konsultan dan guru bebenah asal Jepang yang mengenalkan istilah komnari method, memberikan 4 tips agar tetap produktif ketika WFH. Salah satunya adalah dengan menata ulang barang yang kita miliki secara selektif dan perlu alias decluttering.

Konon, dengan semakin sedikit barang, maka pikiran manusia akan semakin tenang. Sebaliknya, terlalu banyak barang akan membebani pikiran seseorang.

Dalam ulasan terbarunya, Marie memberikan tips sederhana bagaimana merapikan menjadi aktivitas keseharian yang ternyata bisa membuat kita termotivasi dan bersemangat lagi.

"Merapikan adalah alat yang ampuh. Ini dapat membantu Anda berhubungan dengan apa yang Anda inginkan, menunjukkan kepada Anda apa yang Anda butuhkan untuk berubah, dan membawa kebahagiaan ke dalam lingkungan kerja Anda," kata Marie, seperti dikutip CNBC International, Jumat (1/01/2021).

Berikut ini empat tips Marie yang bisa dilakukan untuk tetap bisa produktif walau bekerja di rumah.

Buat 'zona zen'
Di mana pun kita bekerja, misal di meja ruang makan atau 'kantor' yang disediakan khusus di rumah, ada satu hal yang penting untuk menciptakan lingkungan yang membantu kita tetap fokus atau zona zen.

Area yang tenang dan bersih akan meningkatkan produktivitas dan kegembiraan. Untuk mencapainya, identifikasi item yang penting untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dan tentukan tempat untuk mereka.

Jika tidak memiliki kantor, kotak atau carrier portabel bisa digunakan. Pindahkan semua item yang tidak terkait dari ruang kerja Anda dan tambahkan satu hal yang memicu kegembiraan saat Anda melihatnya.



Memberi isyarat awal hari kerja Anda
Sebelum memulai bekerja, luangkan waktu sejenak untuk memusatkan diri. Marie, misalnya memukul garpu tala di awal setiap hari kerja.

Menyebarkan minyak esensial bisa jadi salah satu cara untuk merangsang untuk memberi sinyal ke tubuh bahwa kita sedang mengganti persneling. Momen ini tidak harus rumit. Nyatanya, semakin sederhana semakin baik, karena kita akan cenderung melakukannya setiap hari.


Demikian pula, tandai akhir hari kerja Anda dengan ritual sederhana, seperti menyalakan musik atau mematikan pemberitahuan - apa pun yang memungkinkan Anda beralih ke bagian hari berikutnya dengan mudah.

Terapkan decluttering
Kembalikan barang Anda ke tempatnya saat tidak digunakan. Jika Anda bekerja di ruang serbaguna, pastikan untuk menyimpan barang-barang penting Anda agar tidak terlihat di penghujung hari sehingga tidak mengganggu saat makan malam atau waktu istirahat.

Semakin banyak hal yang kita miliki di sekitar kita, semakin membebani otak kita. Hal ini membuat kita lebih sulit untuk mengenali dan menikmati hal-hal yang membuat kita bahagia. Maka, decluttering menjadi kuncinya.

Buat Skala Prioritas
Rata-rata, kita menghabiskan kurang dari setengah hari kerja kita untuk tanggung jawab terpenting kita. Jangan menghabiskan seluruh waktu dan energi Anda untuk tugas-tugas yang tidak penting. Kenali perbedaan antara apa yang mendesak dan apa yang tidak.

Cara lain untuk mengatur waktu Anda secara efektif adalah dengan menjadwalkan waktu henti. Beri tanda di kalender Anda setiap minggu untuk mematikan pemberitahuan soal pekerjaan. Sebaliknya, luangkankah waktu untuk sekadar berjalan-jalan, atau membiarkan pikiran Anda berkelana. Kreativitas Anda akan pulih kembali dan otak Anda akan lebih tajam.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading