Hati-Hati Virus Baru Corona! Kenali Gejala-gejalanya

Lifestyle - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
31 December 2020 09:47
A health worker conducts a swab test for the new coronavirus in Bekasi on the outskirts of Jakarta, Indonesia, Tuesday, May 5, 2020. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini, dunia sedang dikagetkan dengan varian baru virus corona Covid-19 yang ditemukan di Inggris. Mutasi ini disebut lebih menular dari yang sebelumnya.

Ketua Satgas Covid-19 IDI Prof Zubairi Djoerban mengatakan varian baru corona bernama B117 ini lebih menular dibandingkan yang sebelumnya. Varian baru ini menular jauh lebih cepat 71% dari sebelumnya.

"Namun para ahli sangat yakin bawah memang varian B117 amat menular namun tidak lebih mematikan. Tidak lebih mematikan," ujarnya dalam konferensi pers virtual di Jakarta, dikutip Kamis (31/12).


Bukti penularan yang sangat tinggi terlihat dari kenaikan kasus di Inggris mencapai 90% varian baru dalam 2 minggu. Varian ini pun sudah ditemukan di Australia, Jerman, Italia, Islandia, Singapura dan lainnya. Hingga kini belum ada konfirmasi varian ini sudah masuk ke Indonesia.

Dikutip dari Times of India, National Health Service (NHS) telah menyoroti gejala Covid-19 yang dialami oleh pasien saat terinfeksi virus corona jenis baru ini.

Selain gejala umum seperti demam, batuk kering, dan hilangnya indra penciuman dan perasa, setidaknya ada 7 gejala lain yang telah dikaitkan dengan varian baru corona tersebut.


Berikut 7 Gejala Baru Virus Corona Varian Baru:


Kelelahan
Kehilangan selera makan
Sakit kepala
Diare
Kebingungan
Nyeri otot
Ruam kulit.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading