Duh, Gegara Indomie Kehamilan Remaja di Ghana Meningkat?

Lifestyle - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
29 December 2020 14:43
Ilustrasi Wanita Hamil (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Produk mie instan asal Indonesia yang saat ini telah mendunia, Indomie, baru-baru ini kembali menjadi perbincangan dunia maya. Pasalnya merek ini disebut-sebut menjadi alasan mengapa tingkat kehamilan remaja di Ghana, Afrika, menjadi meningkat.

Bagaimana ini bisa terjadi?


Hal ini diungkapkan World of Buzz pekan lalu. Media ini menulis soal sebuah dialog nasional tentang kekerasan seksual dan berbasis gender dalam pandemi Covid-19, yang diadakan STAR-Ghana Foundation.

Seorang pakar gender dan ketenagakerjaan bernama Bashiratu Kamal, mengungkapkan bahwa Indomie adalah salah satu penyebab meroketnya angka kehamilan remaja di Ghana. Dalam transaksi tersebut, gadis-gadis muda disana diiming-imingi  Indomie untuk melakukan hubungan seksual.

Hal ini dipicu oleh kondisi perekonomian Ghana yang sedang diterpa badai kemiskinan, apalagi di masa pandemi seperti ini. Bahkan, para ibu-ibu disana menyarankan para putrinya untuk melakukan hal tersebut karena mereka merasa hal itu akan membawa kebaikan bagi putrinya.

"Dalam beberapa kasus, ada masalah 'seks transaksional', di mana beberapa orang tua juga mendorong anak-anak mereka untuk ikut serta, sehingga mereka bisa mendapatkan cukup uang untuk menghidupi diri sendiri," kata Bashiratu seperti dikutip Selasa (29/12/2020).

"Orang tua mereka tidak bekerja, mereka di rumah dan mereka harus bertahan hidup.J adi mereka melakukan ini untuk mendapatkan uang," paparnya lagi.

Meski demikian, selain Indomie sebenarnya sejumlah barang lain juga jadi alat barter. Yakni pulsa telepon seluler dan uang.

Namun belum ada komentar resmi dari pemerintah Ghana soal ini.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading