Film Wonder Woman 1984 Cetak Box Office Tapi Banjir Kritik

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 December 2020 08:35
Kostum Wonder Woman Terbaru (twitter @PattyJenks)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wonder Woman 1984 mendapat sambutan hangat di antara semua film yang dirilis sejak pandemi Covid-19. Film yang dibintangi Gal Gadot itu melejit di bioskop pada hari Natal dan meraih box office tertinggi saat pembukaannya.

Warner Bros yang memproduksi film ini mengungkapkan bahwa Wonder Woman 1984 menghasilkan US$ 16,7 juta (Rp 2,3 triliun) di AS dan Kanada. Wonder Woman 1984 adalah salah satu film laris Hollywood pertama yang dirilis di bioskop dan streaming pada hari yang sama.


Peluncuran serentak ini dimaksudkan untuk menampung sejumlah bioskop terbuka, kapasitas tempat duduk terbatas, dan masyarakat umum yang masih takut kembali ke bioskop. AT&T, induk Warner Bros, mengatakan pada Minggu bahwa hampir setengah dari pelanggan ritel HBO Max-nya menonton Wonder Woman 1984 pada hari Natal.

Hingga Oktober, HBO Max memiliki sekitar 3,6 juta pelanggan ritel langsung. Tidak jelas berapa banyak pelanggan tambahan yang diperoleh perusahaan sebelum Wonder Woman 1984 rilis di platform.

"Wonder Woman 1984 memecahkan rekor dan melampaui ekspektasi kami di semua metrik penayangan dan pelanggan utama kami dalam 24 jam pertama di layanan, dan minat serta momentum yang kami lihat menunjukkan bahwa ini kemungkinan akan berlanjut jauh setelah akhir pekan," kata Wakil Presiden Eksekutif dan Manajer Umum Divisi Direct-To-Consumer WarnerMedia AndyForssell, .

"Selama masa-masa sulit ini, sangat menyenangkan memberi keluarga pilihan untuk menikmati film yang menggembirakan ini di rumah, di mana menonton teater bukanlah pilihan."

Kesuksesan teatrikal dari film tersebut  membuat studio mempercepat film ketiga dalam franchise Wonder Woman. Perusahaan menyebut, film ketiga akan ditulis dan disutradarai oleh Patty Jenkins, yang memimpin dua film sebelumnya.

Meski begitu, analis tidak yakin apakah film ini bisa mencapai hampir US$ 10 juta seperti yang diperoleh "The Croods: A New Age" selama akhir pekan pembukaannya selama Thanksgiving, hari libur AS kemarin. Ada kekhawatiran bahwa penayangan di HBO Max akan 'menjadi boomerang' bagi penjualan tiket.

Meski raihan box office besar, kritik juga muncul tentang film ini. Skor Wonder Woman 1984, yang sempat memegang peringkat "Fresh" 88% di situs ulasan Rotten Tomatoes dari 92 ulasan, turun menjadi 65% dari 285 ulasan.

Gal Gadot memang mendapat pujian namun film secara utuh menuai kecaman. Ceritanya disebut di bawah ekspetasi, lalu ada ketidakkonsistenan plot dan CGI yang berkualitas rendah.

Sebagai perbandingan, film Wonder Woman pertama yang dirilis pada tahun 2017, memperoleh skor 93% atau tertinggi dari semua film di DC Extended Universe.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading