Hemat Uang Belanja, Coba Cara Tanam Bawang Merah Ini Bunda

Lifestyle - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
21 December 2020 20:35
Kuli panggul mengangkat karung bawang merah di Pasar Kramat jati,  Jakarta Timur, Selasa 7/5. Pedagang Los Eceran dikawasan pasar Kramat jati menjual bawang putih Rp 35.000 per kilogram turun dari harga sebelumnya Rp45.000 karena pasokan bawang putih sudah sedikit stabil. Harga bawang putih yang dijual Eceran seharga Rp50. 000 sampai Rp60. 000. Harga bawang  merah naik sedikit dari Rp 20.000 menjadi Rp 22. 000 harga Los Eceran. Harga Cabe merah turun menjadi Rp 25.000 turun saat kemarin naik Rp 30.000 sampai Rp 40.000.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menanam tanaman hias memang menjadi hobi yang menular selama pandemi Covid-19 pada tahun ini. Tapi, biar mendatangkan manfaat lebih banyak dan tentunya menghemat kantong belanja, menanam bawang merah patut dicoba dicoba lho, Bund.

Berikut cara menanam bawang merah yang dibagikan oleh YouTuber Sugianto Bro, seperti dikutip dari HaiBunda, Senin (21/12/2020).

1. Siapkan Bawang Merah
Ambil beberapa bawang merah yang masih kering, lalu kupas dan bersihkan.


2. Potong Bawang Merah
Potong bawang merah menjadi dua bagian. Memotong bawang merah merupakan kunci agar cepat tumbuh tunasnya.

3. Ambil Gelas Plastik
Gelas plastik bisa menjadi wadah menanam bawang merah. Tapi, bolongi terlebih dahulu bagian bawah gelas plastik sebelum menanamnya.

4. Siapkan Media Tanam Cocopeat
Media tanam bawang merah kali ini menggunakan cocopeat atau sabut kelapa. Isi gelas plastik dengan cocopeat sampai tiga per empatnya. Kemudian lembapkan media tanam.

5. Masukkan Bawang Merah
Ambil bawang merah yang sudah dipotong, kemudian letakkan ke dalam tengah gelas yang sudah berisi cocopeat. Cara menanam bawang merahnya yaitu dengan memastikan bagian yang terpotong berada di sisi atas. Tekan sedikit ke arah dalam.

6. Siram Air
Setelah memasukkan bawang merah, siram cocopeat menggunakan sedikit air. Namun jangan sampai terkena bawang merahnya ya. Cocopeat mudah kering, sehingga perlu dijaga kelembapannya setiap hari. Hindari pula air hujan.

7. Pindahkan ke Wadah Lebih Besar
Setelah bawang merah tumbuh tunas dan daun, pindahkan media tanam ke dalam wadah yang lebih besar. Coba memakai polybag jika tidak ada wadah yang lebih besar agar bawang merah bisa cepat tumbuh dan menjadi banyak.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

5 Tanaman Ini Disebut Lindungi Rumah dari Hal Gaib


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading