Drama Korea Pengganti Start-up 'Mr Queen' Picu Kontroversi

Lifestyle - sef, CNBC Indonesia
16 December 2020 15:48
Mr. Queen

Jakarta, CNBC Indonesia - Drama Korea (drakor) terbaru 'Mr Queen' memicu kontroversi. Pasalnya, drama yang diadaptasi dari web drama China 'Go Princess Go' itu dianggap melecehkan sejarah Korea.

Ini terkait dengan novel asli serial tersebut, di mana penulisnya pernah membuat komentar negatif tentang negeri K-pop. Dalam novel asli berjudul 'Princess Amity;, sang penulis disebut menggunakan kata tidak pantas untuk menggambarkan kekaisaran Korea, Dinasti Joseon.


Hal ini menimbulkan klarifikasi dari tim produksi Mr Queen. Di mana hak siar yang dibeli adalah remake serial televisi Go Princess Go yang disiarkan di China bukan novel aslinya.

"Pada saat kontrak (dibuat), kami tidak mengetahui bahwa ada komentar negatif yang dibuat tentang Korea di karya lainnya Princess Amity," tulis keterangan itu dilansir dari Soompi, Rabu (16/12/2020).

Tim juga juga mengaku sudah memastikan fakta dari komunitas online. Narasi bermasalah juga telah dihapus. Tim produksi pun meminta maaf karena tidak jeli mengetahui hal ini sebelumnya.

"Kami berencana untuk melakukan yang terbaik dalam produksi agar kalian tidak merasa tidak nyaman saat menonton drama, sebagai karya kreatif baru yang berbeda dari karya aslinya," tulis pernyataan itu lagi.

Sebelumnya, drama pengganti Start-Up itu sukses mencetak rating 8% secara nasional dan rating tertinggi 9,9%, menurut Nielsen Korea, saat hari perdana tayang. Mr. Queen mengambil alih perhatian penonton termasuk di jaringan penyiaran publik negeri ginseng, seperti televisi SBS, MBC, KBS, padahal drama itu tayang di televisi berbayar.

Mr Queen dibintangi Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun serta menampilkan Cha Jin Hyuk sebagai cameo. Cerita Mr Queen terkait seorang koki pria yang tiba-tiba masuk ke tubuh ratu kerajaan Korea.

Drama ini diproduksi oleh Studio Dragon Corporation. Drama ber-genre komedi kolosal.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading